Iklan dempo dalam berita

Hewan Ini Salah Satu Tanda Kiamat, Cirinya Kaki Mirip Kaki Unta dan Telinga Mirip Telinga Gajah

Hewan Ini Salah Satu Tanda Kiamat, Cirinya Kaki Mirip Kaki Unta dan Telinga Mirip Telinga Gajah

Ciri hewan yang kemunculannya menjadi tanda kiamat--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Dabbah adalah salah satu tanda akan terjadinya kiamat besar berupa hewan melata. 

Hanya Allah SWT yang tahu pasti tentang rupa hewan ini. Namun, hadis Rasulullah telah memberikan penjelasan sedikit mengenai ciri-ciri dan tugas dabbah.

kemunculan dabbah terkesan kurang masuk akal dan sulit dipercaya. Kendati demikian, sudah kewajiban bagi setiap muslim untuk memercayainya. 

Sebab, kedatangannya telah disebutkan dalam Al-Qur'an Surah An-Naml ayat 82. Allah berfirman yang artinya,

BACA JUGA:Saat Dajjal Muncul, Semua Tempat di Dunia Ini Tidak Aman, Kecuali 2 Tempat Berikut

"Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan dabbah (sejenis binatang melata) dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami." (QS. An-Naml, [27]:82).

Istilah dabbah berasal dari bahasa Arab, yakni دابة. Biasanya, dabbah bersanding dengan kata Al-Ardh.

Dalam bahasa Arab, dabbah bisa berarti 'binatang' saja atau 'monster', sedangkan Al-Ardh artinya 'bumi'. Ini artinya, dabbah al-Ardh (دابة الأرض) adalah binatang buas atau monster yang berasal dari bumi.

Selain dari Al-Qur'an, kemunculan hewan ini juga telah dikabarkan lewat hadis Rasulullah. Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda,

BACA JUGA:Setelah Kiamat Setiap Orang akan Mendapat 4 Pertanyaan Ini, Persiapkan Jawabannya Selagi Ada Waktu

"Ada tiga hal yang jika keluar, maka tidak akan berguna lagi keimanan orang yang belum beriman sebelumnya atau belum mengusahakan kebaikan yang dilakukan dalam keimannya, terbitnya matahari dari barat, Dajjal, dan binatang bumi (dabbah)." (HR. Muslim).

Pendapat paling populer menjelaskan bahwa dabbah adalah sejenis hewan melata. Ini seperti yang dijelaskan dalam Surah An-Naml di atas.

Hewan melata merujuk pada kelompok reptil. Ini meliputi ular, kadal, buaya, iguana, dan lainnya. Namun, berdasarkan penjelasan para ulama dan ahli tafsir, binatang yang kelak muncul mendekati hari kiamat ini tidak seperti jenis reptil yang selama ini kita kenal.

Ibnu Zubair menyebutkan sejumlah ciri-ciri dabbah, antara lain:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: