Iklan dempo dalam berita

Manusia Paling Mulia, Dia yang Pertama Dibangkitkan Setelah Kiamat dan Dijemput Malaikat

Manusia Paling Mulia, Dia yang Pertama Dibangkitkan Setelah Kiamat dan Dijemput Malaikat

Manusia yang pertama kali dibangkitkan dari kubur --

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Pada hari kiamat, semua mahluk akan binasa. Lalu manusia akan dibangkitkan lagi untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya selama di dunia.

Ada pertanyaan, saat manusia dibangkitkan kembali, siapakah yang pertama kali dibangkitkan oleh Allah SWT?

Jawabannya bisa diketahui dari hadist berikut. Dari Abdullah bin Farukh, Abu Hurairah menceritakan kepadaku bahwa beliau berkata, Rasulullah SAW pernah bersabda: "Aku adalah pemimpin anak Adam pada hari Kiamat kelak, aku adalah orang pertama yang bangkit dari kubur. Aku orang paling dahulu memberikan syafa'at dan aku orang paling dahulu diberikan syafa'at." (Hadits Riwayat Muslim)

BACA JUGA:Hewan Ini Salah Satu Tanda Kiamat, Cirinya Kaki Mirip Kaki Unta dan Telinga Mirip Telinga Gajah

Merujuk pada hadist tersebut, diketahuilah sosok manusia yang pertama kali dibangkitkan dari alam kubur adalah Nabi Muhammad SAW.

Dalam sebuah kitab Daqoiqul Akhbar dikisahkan, setelah hari kiamat tiba, Allah akan membangkitkan empat malaikat untuk menjemput Rasulullah SAW. 

Empat malaikat tersebut adalah Jibril, Israfil, Mikail dan  Izrail. Setelah itu, Allah SWT membangkitkan Malaikat Ridwan, kemudian memerintahkan menghiasi surga untuk Rasulullah dan umatnya.

Allah SWT kemudian membangkitkan Buroq yang merupakan makhluk dari golongan hewan untuk pertama dibangkitkan. Buroq sendiri diketahui merupakan tunggangan Rasullullah SAW dalam peristiwa Isra Mi'raj. 

BACA JUGA:Setelah Kiamat Setiap Orang akan Mendapat 4 Pertanyaan Ini, Persiapkan Jawabannya Selagi Ada Waktu

Allah SWT lalu memerintahkan malaikat untuk menghias Buroq. Makhluk tersebut dihias oleh para malaikat dengan pakaian cahaya yang ditetesi batu Yaqut. Tali kekang dibuat dari batu Zamrud dengan dua perhiasan berwarna hijau dan kuning. 

Buroq bersama empat malaikat kemudian menjemput Rasulullah SAW dan membangkitkan dari alam kubur. Para malaikat menuju Bumi yang telah tak tersisa. Malaikat sempat kesulitan mencari makam Rasulullah SAW.

Namun tak lama, cahaya muncul dari makam Rasulullah. Para malaikat pun mengetahui bahwa cahaya tersebut merupakan pertanda keberadaan makam Rasulullah. Para malaikat langsung menuju makam Rasulullah.

Malaikat Jibril lalu memerintahkan Malaikat Isrofil untuk menyeru kepada Rasulullah SAW dan membangkitkannya. Meski hal tersebut merupakan tugasnya, Malaikat Isrofil enggan melakukannya. Malaikat Isrofil justru meminta Malaikat Jibril untuk menyeru kepada Rasulullah. 

BACA JUGA:Selain Dajjal dan Yajuj Majuj, Dua Penyakit Ini akan Mewabah Sebagai Tanda Kiamat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: