Iklan dempo dalam berita

Cara Mengamalkan Sholawat Jibril dan Doa Memohon Rezeki

Cara Mengamalkan Sholawat Jibril dan Doa Memohon Rezeki

Cara Mengamalkan Sholawat Jibril dan Doa Memohon Rezeki--Foto istimewa

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Secara bahasa, shalawat merupakan bentuk jamak dari shalat yang berarti doa, keberkahan, kemuliaan, kesejahteraan, serta ibadah. Menurut istilahnya, shalawat ialah bentuk doa serta pujian untuk nabi sebagai ibadah kepada Allah SWT. Terdapat tiga macam shalawat, diantaranya adalah shalawat dari Allah, shalawat dari malaikat, serta shalawat dari manusia atau umatnya.

Menurut Ibnu Katsir, pengertian shalawat dari beberapa ulama tentang shalawat dari Allah adalah pemberian rahmat serta kemuliaan. Sementara itu, shalawat dari malaikat bermakna memohonkan ampunan. Shalawat dari umat manusia ialah doa agar beliau (Nabi Muhammad SAW) dilimpahi rahmat serta kemuliaan.

BACA JUGA:Sholawat Jibril untuk Apa Saja dan Bagaimana Cara Mengamalkannya

Macam-macam shalawat nabi kemudian harus dijadikan sebagai amalan harian. Dengan bershalawat setiap harinya dan sesering mungkin, maka seseorang akan mendapatkan berbagai manfaat serta keutamaan bagi hidupnya di dunia maupun di akhirat.

Macam-macam shalawat nabi kemudian dianjurkan untuk sering dibaca serta diucapkan setiap hari. Hal ini terdapat di dalam berbagai hadis serta firman Allah SWT, seperti yang tercantum di dalam surat An-nisa ayat 86:

وَاِذَا حُيِّيْتُمْ بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوْا بِاَحْسَنَ مِنْهَآ اَوْ رُدُّوْهَاۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ حَسِيْبًا ۝٨

wa idzâ ḫuyyîtum bitaḫiyyatin fa ḫayyû bi'aḫsana min-hâ au ruddûhâ, innallâha kâna ‘alâ kulli syai'in ḫasîbâ

Artinya:

Apabila kamu dihormati dengan suatu penghormatan (salam), balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik daripadanya atau balaslah dengan yang sepadan. Sesungguhnya Allah Maha Memperhitungkan segala sesuatu.

BACA JUGA:Bacaan Sholawat Jibril dan Begini Keistimewaan Bagi Orang yang Mengamalkannya

Shalawat Nabi sebagai syafaat, dan semua ulama telah sepakat bahwa shalawat Nabi tidak akan ditolak oleh Allah SWT. Selain itu, terdapat pula hadist nabi tentang shalawat.

Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda: Janganlah kalian menjadikan rumah-rumah kalian sebagai kuburan dan janganlah kalian menjadikan kuburanku sebagai tempat perayaan, bersholawatlah kepada aku karena sesungguhnya ucapan sholawat itu akan sampai kepadaku dimanapun kalian berada. (H.R. Abu Daud No. 2044 dengan Sanad Hasan)

Terdapat banyak sekali hadits yang kemudian menjelaskan mengenai keutamaan bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Di antaranya adalah apa yang dikeluarkan oleh Imam Ahmad di dalam Musnadnya dari haditsnya Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Barangsiapa ia bershalawat kepadaku satu kali, maka Allah kemudian akan bershalawat kepadanya sebanyak sepuluh kali, serta menghapus sepuluh kejelekannya.” (HR Ahmad 19/57 no: 11998. )

BACA JUGA:Sholawat Jibril, Ada 7 Keistimewaan Sholawat Jibril dan Cara Mengamalkannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: