Iklan RBTV Dalam Berita

Ketika Malaikat Israfil Meniup Sangkakala Keduanya, Alam Semesta Hancur dan Itulah Kiamat Kubra

Ketika Malaikat Israfil Meniup Sangkakala Keduanya, Alam Semesta Hancur dan Itulah Kiamat Kubra

Ketika Malaikat Israfil Meniup Sangkakala Keduanya, Alam Semesta Hancur dan Itulah Kiamat Kubra--Foto ilustrasi

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Kiamat kubra artinya kiamat besar, yang mana merupakan kiamat yang sebenar- benarnya.

Pada saat kiamat kubra terjadi, seluruh alam semesta berserta isinya akan hancur serentak, sehingga tidak ada lagi satu makhluk pun yang mampu bertahan hidup.

BACA JUGA:Tanda Kiamat Sugra, Salah Satunya Banyak Bencana Alam di Muka Bumi

Allah SWT telah menjanjikan akan datangnya hari kiamat. Janji Allah SWT tersebut termaktub dalam Al-Qur'an surah Al Hajj ayat 7. Dia berfirman:

 

وَّاَنَّ السَّاعَةَ اٰتِيَةٌ لَّا رَيْبَ فِيْهَاۙ وَاَنَّ اللّٰهَ يَبْعَثُ مَنْ فِى الْقُبُوْرِ ٧

 

Artinya: "Sesungguhnya kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya dan sesungguhnya Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur."

BACA JUGA:Saat Jumlah Perempuan Lebih Banyak Dibanding Laki-laki, Itu Salah Satu Tanda Kiamat

Kiamat kubra adalah hancurnya seluruh alam semesta dengan segala isinya yang dimulai dengan tiupan pertama sangkakala oleh Malaikat Israfil. Itu sebabnya kiamat kubra disebut juga dengan kiamat besar.  Setelah itu, Malaikat Israfil akan meniup sangkakala untuk yang kedua kalinya. Pada waktu inilah semua manusia akan memasuki hari kebangkitan dan berkumpul di sebuah tempat untuk mempertanggungjawabkan seluruh amal perbuatannya semasa hidup di dunia.

BACA JUGA:Cara Mengamalkan Sholawat Jibril dan Doa Memohon Rezeki

Kiamat kubra datang secara tiba-tiba, namun ada beberapa tanda yang bisa dipelajari. Tanda akan terjadinya kiamat kubra ini dijelaskan dalam sejumlah hadits. Berikut di antaranya:

1. Terbitnya Matahari dari Barat 

Terbitnya Matahari dari barat juga menjadi salah satu tanda kiamat kubra. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dan Ibnu Majah, dari Abdullah bin Amr, dikatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Tanda pertama yang akan muncul adalah terbitnya Matahari dari arah barat dan munculnya binatang melata pada waktu dhuha. Jika salah satu dari keduanya terjadi, yang lainnya akan segera menyusul."

2. Kemunculan Ya'juj dan Ma'juj 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: