Iklan RBTV Dalam Berita

Dikasih Pisang Belum Masak, Gunakan 6 Tips Pemeraman Ini Supaya Pisang Cepat Menguning

Dikasih Pisang Belum Masak, Gunakan 6 Tips Pemeraman Ini Supaya Pisang Cepat Menguning

Dikasih Pisang Belum Masak, Gunakan 6 Tips Pemeraman Ini Supaya Pisang Cepat Menguning--Foto istimewa

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Pisang adalah salah satu buah yang sangat populer dan banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Buah ini kaya akan gizi dan sering dijadikan sebagai camilan sehat untuk menemani proses diet. Namun, terkadang kita membutuhkan pisang yang matang dengan cepat, entah untuk keperluan kue, makanan penutup, atau sekadar mendapatkan rasa manis yang lebih intens. Lalu bagaimana cara buah ini dapat matang? Buah seperti pisang, alpukat, melon, dan tomat. akan menghasilkan hormon tumbuhan alami yang sering dikenal dengan etilen atau etena. Hormon ini yang memiliki peran penting untuk mengubah pati menjadi gula, sehingga memberikan tekstur yang lembut serta rasa manis pada buah. 

BACA JUGA:Supaya Alpukat Cepat Matang, Coba 8 Tips Pemeraman Ini untuk Mematangkan Alpukat Dengan Sempurna Dirumah

Nah, anda tidak perlu khawatir. Untuk mempercepat proses pematangan ini, anda dapat menggunakan beberapa tips dan trick. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa tips dan trik yang efektif untuk anda coba dalam mempercepat proses pematangan pisang yang ada dirumah.

1. Bungkus Dengan Alumunium Foil 

Dilansir dari Spoon University, anda dapat mempercepat pematangan pisang hanya dalam waktu 24-48 jam adalah dengan membungkus pisang mentah dan pisang matang dalam satu alumunium foil secara bersamaan. Hal karena gas etilen yang terus dihasilkan oleh pisang yang sudah matang akan membuat pisang mentah disektiarnya menjadi matang dengan lebih cepat. 

2. Paparan Suhu Hangat

Cara lain yang dapat anda gunakan untuk mempercepat proses pematangan pisang adalah menggunakan suhu panas. Pisang sangat responsif terhadap paparan suhu hangat disekitar mereka. Anda dapat memanfaatkan ini untuk mempercepat pematangan pisang dengan menempatkannya di tempat yang lebih hangat, seperti dapur atau dekat dengan sumber panas seperti belakang kulkas atau oven yang baru dimatikan. Paparan suhu hangat ini akan mempercepat reaksi kimia dalam pisang, mempercepat proses pematangannya.

Mungkin terdengar aneh, tapi cara ini dapat membantu anda untuk mempercepat proses pematangan pisang. Buah pisang yang kamu masukkan kedalam oven dengan suhu yang tidak terlalu tinggi dapat membantu proses pematangan pisang mentah jadi lebih cepat. 

buah pisang yang dimatangkan menggunakan oven ini akan memiliki cita rasa yang sangat berbeda jika dibandingkan dengan pisang yang proses pematangannya menggunakan cara alami. Jika anda tidak menyukai perubahan rasa ini, anda dapat menaruh pisang pada tepat hangat lainya.

BACA JUGA:Ga Sabar Nungguin Mangganya Masak, Ini 6 Cara Mudah Pemeraman Buah Mangga Matang Lebih Cepat

3. Gunakan Apel dan Tomat 

Cara lain yang dapat anda coba untuk mempercepat pisang matang adalah membungkusny bersamaan dengan apel dan tomat. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu membungkus pisang mentah dengan apel atau tomat dan tunggu selama seharian.  Apel dan tomat bisa mengeluarkan gas etilen yang bisa membuat pisang disekitar mereka matang dengan cepat secara merata. 

4. Masukan Dalam Kantong Kertas

Anda juga dapat mempercepat proses pematangan pisang dalam waktu setengah hari atau seharian saja dengan kantong kertas, cara kerja metode ini adalah, dengan memasukan pisang ke dalam kantong kertas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: