Iklan dempo dalam berita

Ada Bantuan Rice Cooker dari Pemerintah, Kapan akan Dibagikan? Ini Informasi Terbarunya

Ada Bantuan Rice Cooker dari Pemerintah, Kapan akan Dibagikan? Ini Informasi Terbarunya

Bantuan rice cooker dari pemerintah--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan membagikan alat masak berbasis listrik (AML) alias rice cooker gratis kepada masyarakat yang belum memiliki. 

Pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 347,5 miliar untuk pembagian rice cooker gratis yang menyasar ke 500.000 rumah tangga di Indonesia. Program pemberian AML pada tahun 2023 ini merupakan insentif kepada rumah tangga yang memenuhi kriteria tertentu.

BACA JUGA:Agar Awet, Ini 13 Cara Merawat Sepeda Listrik, Hindari Pengisian Daya Berlebihan

Pada awalnya Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan verifikasi penerima alat penanak nasi atau rice cooker gratis ini akan rampung di akhir bulan November lalu. 

Dan pembagiannya akan dilakukan pada pertengahan bulan Desember 2023 ini kepada seluruh masyarakat yang menerima.

Namun, setelah memasuki bulan Desember ini program tersebut belum juga rampung. Kemudian, pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali menargetkan untuk pembagian alat memasak listrik (AML) atau Rice Cooker itu akan dilakukan paling lambat di bulan Januari 2024 akan mendatang.

"Tahun ini 500.000 supaya habis, tapi Januari paling nggak pengirimannya," kata Menteri ESDM Arifin Tasrif di Kementerian ESDM.

BACA JUGA:Ada Risiko Bahaya, Ini Cara Mudah Menurunkan Gula Darah, Salah Satunya Jauhi Fast Food

Arifin mengatakan, sekarang ini pihaknya sedang menyelesaikan proses administrasi, sehingga kuota 500.000 rice cooker gratis dapat segera didistribusikan.

Selain itu, di kesempatan yang sama juga Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agus Cahyono mengatakan bahwa verifikasi penerima sudah lengkap. Adapun saat ini sedang berlangsung penyusunan teknis pengiriman atau distribusi.

"Ini sedang verifikasi penerima, sekarang proses lagi untuk mengatur pendistribusiannya," katanya.

Verifikasi ini dilakukan bertujuan untuk memastikan bahwa calon penerima bantuan rice cooker ini memang layak atau tidak untuk mendapatkan program bantuan tersebut. 

BACA JUGA:Mainan Super Mahal, Ini Deretan Lego Dengan Harga Setara Mobil, Salah Satunya King’s Castle

Agus Cahyono juga menyebutkan belum ada kepastian secara detail dan pasti kapan rice cooker akan dibagikan. Namun demikian, dia mengatakan pengadaan tahun 2023 ini masih diberikan kesempatan untuk distribusi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: