Iklan RBTV Dalam Berita

Cara Menggunakan AC agar Hemat Listrik hingga Dua Kali Lipat, Dijamin Nggak Boros lagi

Cara Menggunakan AC agar Hemat Listrik hingga Dua Kali Lipat, Dijamin Nggak Boros lagi

Cara menggunakan AC agar hemat listrik--

Selain itu, bisa juga menggunakan cara mode auto, dimana fan speed akan bekerja sedikit kencang di awal, namun akan perlahan turun ketika suhu udara kembali ke mode normal. Hanya saja pastikan suhu remote yang anda pilih berkisar di 23-25 derajat. Karena jika tidak, AC tidak akan mencapai targetnya dan akan terus berada pada posisi angin yang kencang.

BACA JUGA:7 Rekomendasi Mobil Rp 50 Jutaan ,Cocok Untuk yang Baru Menikah. Dominan Mobil Jepang!

- Beli AC yang memiliki sensor manusia atau sensor gerak

AC sekarang sudah dilengkapi dengan teknologi sensor yang dapat mendeteksi manusia atau gerakan tubuh. Sehingga disaat tidak banyak pergerakan dan tidak banyak orang di dalam ruangan, maka AC akan dengan otomatis mengurangi kerja kompressornya dan membuat tagihan lebih irit. 

Sementara disaat AC mendeteksi banyak gerakan dan manusia, AC kamu dengan otomatis bekerja sedikit lebih keras agar udara tetap dingin.

- Pastikan AC di Service Rutin minimal 3 bulan sekali

Indoor dan Outdoor AC perlu dicuci rutin, karena apabila tidak dilakukan maka debu dan kotoran yang menempel pada suku cadang AC akan membuat kinerja AC lebih berat sehingga kompressor menjadi lebih panas dan membutuhkan daya lebih tinggi untuk mendinginkan ruangan.

BACA JUGA:12 Kebiasaan Sehari-hari Bisa Turunkan Gula Darah, Penderita Diabetes Wajib Coba

Disarankan 3 Bulan sekali patokan umum mencuci AC, bayangkan dalam 3 bulan berapa banyak debu dan kotoran yang akan menempel di filter dan bagian dalam AC. Selama itu menumpuk dan terus menumpuk tidak dibersihkan maka semakin berkurang efektivitas kinerja AC. 

Untuk kondisi ruangan yang lebih buruk dan banyak debu, sebaiknya dilakukan pencucian 2 bulan sekali.

Sedangkan untuk kondisi AC yang 24 jam nyala seperti di kost"an atau tempat usaha, dengan lokasi outdoor yang juga saling berdekatan, maka debu dan kotoran akan menumpuk lebih cepat, biasanya perlu dilakukan servis rutin sebulan sekali.

- Pastikan PK AC yang dibeli sesuai dengan ukuran ruangan

Jika PK terlalu kecil maka kompressor kerja terlalu berat, sehingga listrik akan boros. Sementara jika PK terlalu besar, maka kompressornya juga terlalu besar dan penggunaan yang sebaik apapun sudah pasti lebih hemat kompressor 1/2 PK dibandingkan kompressor 1 PK. Ditambah lagi daya tarik awalnya saja sudah beda.

BACA JUGA:Parfum Dapat Menunjang Penampilan, Bagaimana Hukum Penggunaan Bagi Wanita Muslim? Begini Penjelasannya

Demikianlah cara menghemat penggunaan AC listrik dirumah. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: