Iklan dempo dalam berita

Alumni SMAN 2 Bengkulu Berpeluang Jadi KSAL, Ini Daftar Pangkogabwilhan I dari Masa ke Masa

Alumni SMAN 2 Bengkulu Berpeluang Jadi KSAL, Ini Daftar Pangkogabwilhan I dari Masa ke Masa

Alumni SMAN 2 Bengkulu Berpeluang Jadi KSAL, Ini Daftar Pangkogabwilhan I dari Masa ke Masa--

JAKARTA, RBTVCAMKOHA.COMPanglima Kogabwilhan I telah dijabat oleh sejumlah perwira tinggi TNI yang berbeda sejak pertama kali dibentuk. Terbaru, adalah Laksda TNI Irvansyah. Perwira AL kelahiran Bengkulu, alumni SMAN 2 Bengkulu.

BACA JUGA:Perwira AL dari Bengkulu yang Cemerlang, Ini Profil Laksda Irvansyah yang Dipromosi Panglima TNI

Jabatan Pangkogabwilhan I sangat mentereng. Beberapa nama pernah memimpin satuan yang bertugas di wilayah darat, laut, dan udara. Diantaranya Panglima Laksamana TNI Yudo Margono. Sebelumnya diangkat Panglima TNI, Laksamana Yudo adalah KSAL.

Kemudian ada Laksamana M Ali. Sebelum jadi KSAL, Laksamana M Ali menjabat Pangkogabwilhan I. 

BACA JUGA:Putra Bengkulu Ditunjuk Panglima TNI Isi Kursi yang Ditinggalkan Laksamana M Ali Jadi KSAL

Sekarang jabatan Pangkogabwilhan I dijabat Laksda Irvansyah, putra Bengkulu. Jika berkaca pada karir Laksamana Yudo dan Laksamana M Ali, maka peluang Laksda Irvansyah menjabat KSAL sangat besar.  

Wilayah tugas Pangkogabwilhan meliputi Sumatera, DKI, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah. 

BACA JUGA:Jumat Berkah, Ada Dana Miliaran, Cicilan KUR Rp 30 Ribuan, Ini Gampang

Wilayah tugas laut meliputi Perairan di sekitar Sumatera, DKI, Banten,  Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan ALKI-1 beserta perairan sekitarnya. 

Sementara wilayah tugas udara meliputi wilayah di atas Sumatera, DKI, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan ALKI-1 beserta perairan sekitarnya.

Dikutip dari laman Wikipedia, Laksdya Irvansyah lahir di Bengkulu 10 Mei 1968. Riwayat pendidikan, SD Negeri 4 Bengkulu, SMP Negeri 3 Bengkulu dan SMAN Negeri 2 Bengkulu.

BACA JUGA:Danlanal Bengkulu Bangga, Perwira AL dari Bengkulu Pimpin Satuan di Darat, Laut dan Udara

Sementara itu, mengutip keterangan dari laman resmi TNI, Kamis (19/1/2023), pembentukan Kogabwilhan TNI didasarkan pada Keputusan Presiden nomor 27 tahun 2019 tentang pembentukan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan TNI dan Peningkatan Status 23 Komando Resort Militer dari Tipe B menjadi Tipe A.

Pada pembentukannya, Kogabwilhan dibagi menjadi tiga, yaitu Kogabwilhan I, II, dan III. Masing-masing adalah Komando Gabungan Wilayah Pertahanan ini dipimpin seorang Pangkogabwilhan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: