Iklan RBTV Dalam Berita

Kenali Beda Tanda Tangan Elektronik dan Digital, Mana yang Lebih Baik di Pilih?

Kenali Beda Tanda Tangan Elektronik dan Digital, Mana yang Lebih Baik di Pilih?

Tanda tangan masih merupakan alat verifikasi dokumen yang sah hingga saat ini--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Sekarang ini, ada dua jenis tanda tangan selain melakukan tanda tangan basah di dokumen fisik, ternyata juga bisa melkaukan tanda tangan elektronik dan tanda tangan digital. Meski kedengaranya mirip, akan tetapi tanda tangan elektronik dan digital jelas memiliki perbandingan atau perbedaan.

BACA JUGA:7 Mitos dan Fakta Kesimpangsiuran Mitos Tanda Tangan Digital di Tengah Masyarakat

Umumnya, tanda tangan elektronik cendrung memiliki kekuatan hukum yang lemah, sehingga kurang cocok jika digunakan untuk dokumen penting. Sedangkan tanda tangan digital memiliki kekuatan hukum yang tinggi, karena adanya sertifikasi dan verifikasi identitas yang canggih.

BACA JUGA:5 Karakter Seseorang Menurut Bentuk Mata, Miliki Mata Bulat Ceria dan Suka Hal Romantis

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui semua perbedaan tanda tangan elektronik dan tanda tangan digital. Tujuannya agar kamu bisa menggunakan keduanya sesuai kebutuhan, sehingga tak ada pihak yang dirugikan. Terlepas dari apapun bentuknya, tanda tangan masih merupakan alat verifikasi dokumen yang sah hingga saat ini. 

BACA JUGA:Ini Karakter Karyawan di Tempat Kerja Berdasarkan 12 Zodiak, Apakah Kamu Pekerja Keras?

Lalu, tanda tangan jenis mana yang baik dipilih? Berikut simak ulasannya:

- Pengertian Tanda Tangan Digital

Tanda tangan digital (digital signature) adalah metode pembubuhan tanda tangan terbaru. Dengan metode ini, Anda bisa menempelkan gambar tanda tangan Anda ke atas dokumen menggunakan aplikasi khusus. Berbeda dengan tanda tangan elektronik (e-signature) biasa, digital signature dilengkapi dengan sertifikat digital yang bisa dipindai menggunakan aplikasi, sehingga keabsahan dokumen tersebut bisa terjamin. 

Tidak bisa dipalsukan karena adanya sertifikat merupakan salah satu diantara beberapa kelebihan digital signature. Selain itu, dengan teknologi ini Anda juga bisa membubuhkan tanda tangan ke dokumen yang belum Anda cetak, mengirimkan salinannya kepada orang lain dan relatif lebih hemat waktu. 

Kekurangannya adalah untuk membubuhkan tanda tangan ini, Anda memerlukan koneksi internet yang stabil dan tidak semua orang bisa menggunakan digital signature ini, dalam artian umumnya tentu hanya generasi muda yang lebih melek teknologi yang bisa menggunakan aplikasi tanda tangan digital tersebut.

BACA JUGA:Intip Karakter dan Karier Seseorang Menurut Golongan Darah, Potensi Sukes Jika Golongan Darah Ini

- Pengertian Tanda Tangan Basah

Tanda tangan basah adalah tanda tangan yang dibubuhkan di atas dokumen secara langsung oleh pihak yang bersangkutan menggunakan tinta. Hingga saat ini masih banyak orang yang lebih mempercayai keabsahan dokumen yang disahkan menggunakan metode ini dibandingkan dengan digital signature.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: