Iklan dempo dalam berita

Tips Menghemat BBM Kendaraan, Kecepatan dan Angin Ban Sangat Menentukan

Tips Menghemat BBM Kendaraan, Kecepatan dan Angin Ban Sangat Menentukan

Tips Menghemat BBM Kendaraan, Kecepatan dan Angin Ban Sangat Menentukan--

BENGKULU, RBTVCAMKOHA.COM – Saat harga BBM begitu mahal seperti sekarang, seorang pengendara harus mengetahui cara-cara berkendara yang bisa menghemat penggunaan BBM. Apalagi di beberapa daerah, BBM bukannya hanya mahal namun juga cukup sulit didapati. 

BACA JUGA:Pasca Warga Binaan Rutan Kabur, Lapas Curup Lakukan Ini

Berikut RBTVCamkoha.com merangkum beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghemat pemakaian BBM.

1. Menyesuaikan Batas Kecepatan

Setiap mobil memiliki standar atau batas kecepatan berbeda. Anda hanya perlu mengetahui batas kecepatan sesuai dengan standar yang telah ditentukan. Efisiensi BBM sangat berpengaruh dari kecepatan ketika mengendarai. 

BACA JUGA:Tabrak Pembatas Jalan Mini Bus Terbalik, Begini Kronologisnya

Apabila Anda sering berkendara dalam kecepatan di atas standar atau sebaliknya di bawah standar, BBM tentu akan lebih boros. BBM akan lebih boros lagi ketika Anda sedang terjebak macet. 

Bahan bakar yang digunakan pada saat macet jauh lebih banyak karena kecepatan yang tidak stabil. Kendaraan juga harus sering berhenti padahal jarak yang ditempuh masih terlampau jauh. Ada baiknya untuk menghindari area macet ketika berkendara, agar Anda bisa menghemat BBM kendaraan Anda dengan maksimal. 

BACA JUGA:Capek-capek Lompati Pagar Berduri dan Sembunyi di Semak, Tahanan Ini Balik Lagi ke Penjara

2. Menambahkan Kecepatan Dengan Tepat

Ketepatan dalam menambah kecepatan juga berpengaruh besar terhadap bahan bakar yang masuk ke ruang pembakaran. Anda perlu tahu kapan harus menekan pedal gas yang dalam dan kapan harus menguranginya. 

Apabila terlalu sering menekan pedal gas terlalu dalam, kemudian mengerem mendadak atau mengurangi kecepatan secara drastis, maka BBM akan terkuras banyak. Hal ini bisa terjadi ketika Anda sering ngebut di jalan bebas hambatan. 

BACA JUGA:Pulang Berkebun, Warga Padang Guci Terseret Arus Sungai

Sering juga terjadi ketika Anda tidak mengatur jarak dengan kendaraan di depan. Sehingga sering mengerem mendadak padahal jalanan sedang macet. Jadi sebaiknya atur jarak dengan kendaraan di depan sehingga pengereman dilakukan dengan mulus. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: