Iklan dempo dalam berita

Tips Menghemat BBM Kendaraan, Kecepatan dan Angin Ban Sangat Menentukan

Tips Menghemat BBM Kendaraan, Kecepatan dan Angin Ban Sangat Menentukan

Tips Menghemat BBM Kendaraan, Kecepatan dan Angin Ban Sangat Menentukan--

BACA JUGA:Buah Sawit Sedikit, Ini Penyebabnya

3. Jangan Menyalakan Mesin saat Berhenti Lama

Cara menghemat BBM selanjutnya yang bisa diikuti adalah dengan mematikan mesin ketika kendaraan berhenti. Anda mungkin tidak bisa menghindari mematikan mesin ketika berada di jalanan macet. 

Namun jika sedang berhenti karena menunggu orang lain atau sedang parkir, sebaiknya matikan mesin. Anda hanya akan membuang banyak BBM padahal mobil sedang tidak digunakan untuk berjalan. 

BACA JUGA:Sasar 3 Lokasi Balap Liar, 5 Unit Sepeda Motor Pakai Knalpot Brong Diamankan

Bahkan jika Anda ingin berhenti dalam waktu satu menit saja, akan lebih baik untuk mematikan mesin. Jika tidak ingin kabin mobil panas karena tak bisa menyalakan AC, sebaiknya parkir di area yang teduh dan buka kaca jendela. 

4. Kenali Waktu Menggunakan Gigi yang Sesuai

Kesalahan terbesar yang tanpa disadari sering dilakukan pengemudi adalah menggunakan gigi rendah terus menerus. Anda juga salah jika menggunakan gigi tinggi ketika melewati area jalan menanjak seperti bukit atau gunung. 

BACA JUGA:Pelaku Penganiayaan Anak Bawah Umur Dibekuk Polisi, Ternyata Ini Motifnya

Gigi yang rendah justru lebih baik digunakan untuk jalan tanjakan, sehingga mesin kuat untuk melintasi area tersebut. Jika memaksakan gigi tinggi, konsumsi bahan bakar justru lebih banyak dan mesin tidak kuat untuk berjalan di tanjakan. 

Apabila Anda sudah bisa mengendalikan gigi pada mobil dengan tepat, maka BBM yang digunakan akan lebih hemat. Tak perlu takut lagi akan biaya bahan bakar yang membengkak. 

BACA JUGA:INFO 2023! Ini Biaya Pembuatan BPKB dan STNK Baru untuk Motor dan Mobil

5. Tekanan Angin Ban Mobil Harus Pas

Ban mobil adalah komponen selain mesin yang berperan besar supaya mobil bisa berjalan. Pengaruhnya juga sangat besar terhadap boros tidaknya bahan bakar. Cara menghemat energi BBM juga bisa dilakukan dengan memperhatikan tekanan angin yang terdapat pada ban mobil. 

BACA JUGA:KUR Mandiri Rp 500 Juta, Suku Bunga Kecil, Segera Siapkan KTP dan KK

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: