Iklan dempo dalam berita

Lakukan 6 Cara Berikut Agar AC Tetap Dingin dan Pastinya Tetap Hemat Listrik

Lakukan 6 Cara Berikut Agar AC Tetap Dingin dan Pastinya Tetap Hemat Listrik

cara mengatur AC agar tetap dingin dan memberikan kenyamanan yang maksimal--

NATIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Pada saat cuaca panas seperti sekarang ini, AC (Air Conditioner) atau pendingin udara menjadi salah satu barang yang sangat berharga di rumah atau tempat kerja. Tetapi, meskipun terkadang AC sudah diatur pada suhu rendah, udara yang dikeluarkan tidak terasa sejuk dan tetap terasa panas. 

BACA JUGA:Harganya Semakin Mahal, Begini Cara Merawat AC di Rumah agar Awet hingga Puluhan Tahun

Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti pengaturan yang tidak benar, filter udara yang kotor, atau mungkin masalah teknis pada AC itu sendiri. Nah, dalam artikel ini Anda akan membahas cara mengatur AC agar tetap dingin dan memberikan kenyamanan yang maksimal.

1. Mengaktifkan Mode Cool

Anda dapat memulai dengan mengaktifkan mode cool pada AC di rumah untuk membuatnya cepat dingin. Setiap AC biasanya dilengkapi dengan beberapa mode yang berbeda seperti cool, dry, fan, dan auto. 

Namun untuk membuat AC cepat dingin, Anda perlu memastikan bahwa mode yang dipilih adalah mode cool. Anda dapat mengaktifkan mode ini dengan dengan menekan simbol "❄" atau gambar kepingan salju pada panel kontrol AC.

Dengan mengaktifkan mode cool ini, AC anda akan bekerja secara efektif untuk mendinginkan ruangan dengan lebih cepat.

BACA JUGA:Cara Menggunakan AC agar Hemat Listrik hingga Dua Kali Lipat, Dijamin Nggak Boros lagi

2. Setting timer remote AC

Umumnya, Remote AC memiliki fungsi timer atau pengaturan waktu otomatis. Fungsi dari timer ini adalah untuk menghemat penggunaan listrik saat menggunakan AC. 

Anda dapat mengaktifkan mode ON pada opsi timer dan mengatur waktu penggunaannya. Anda dapat mengatur AC untuk mati secara otomatis dalam waktu 3-5 jam mendatang. Hal ini akan mencegah AC tetap menyala sepanjang hari. Namun, jika ruangan Anda memiliki sirkulasi udara yang baik, disarankan untuk membuka jendela saat AC dirumah anda mati. Dengan demikian, udara segar dari luar dapat masuk dan menjaga suhu ruangan tetap sejuk secara alami.

BACA JUGA:Cuma Sampai Tanggal 15 Desember 2023 Jangan Ketinggalan Promo Tiket Ancol, Edisi Hemat BerTiga

3. Turunkan Suhu Secara Bertahap

Banyak di antara anda sering kali memiliki kebiasaan untuk langsung mengatur suhu AC pada derajat yang paling rendah, seAndar 16-18°C.  Namun, sebenarnya hal ini sangat tidak direkomendasikan. Jika anda mengatur AC pada suhu terendah secara langsung, AC akan bekerja lebih keras dan mengkonsumsi lebih banyak daya listrik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: