Iklan dempo dalam berita

Cuci Motor Listrik Jangan Asal Semprot Air, Pastikan 4 Komponen Ini Tertutup Rapat Biar Tidak Korsleting

Cuci Motor Listrik Jangan Asal Semprot Air, Pastikan 4 Komponen Ini Tertutup Rapat Biar Tidak Korsleting

Perhatikan agar air tidak merusak komponen kelistrikan dari motor listriknya--

1.Perhatikan warna cat pada motor

Warna cat motor umumnya dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu warna doff dan glossy. Kedua jenis warna cat motor tersebut memiliki karakteristik yang berbeda sehingga sampo motor yang digunakan juga berbeda.

Warna doff atau matte memiliki tekstur yang sedikit kasar. Selain itu, warnanya juga tidak terlihat mengilap. Warna tersebut dapat Anda jumpai pada motor Yamaha N-Max, Honda Vario, atau Honda PCX yang diproduksi tahun 2019.

Jika Anda memiliki motor dengan warna doff, hindari sampo yang mengandung wax. Wax merupakan bahan sejenis lilin yang sering digunakan sebagai lapisan cat motor atau mobil. Jika Anda menggunakan sampo motor dengan wax untuk warna doff, kesan buram pada cat doff akan rusak.

BACA JUGA:9 Rekomendasi Motor Listrik dari Gogoro, Spesifikasi Hebat Harga Bersahabat

Warna cat doff juga harus dihindarkan dari sampo motor yang mengandung detergen. Detergen pada sampo motor bersifat asam yang menyebabkan warna doff akan lebih cepat pudar. Terlebih lagi, warna doff memang mudah pudar karena tidak dilapisi pernis.

Karakteristik cat warna glossy di bodi motor tentunya berbeda dengan cat warna doff. Dari segi tekstur, cat warna glossy cenderung halus ketika disentuh. Kemudian, cat warna glossy juga terlihat lebih mengilap.

Sampo motor yang cocok untuk bodi motor berwarna glossy adalah sampo yang mengandung wax. Alasannya karena sampo dengan wax dapat menjadikan motor makin mengilap. Hal ini tentu menjadikan motor terlihat seperti baru.

BACA JUGA:11 Rekomendasi Motor Listrik Terbaik, Harga Rp 15 hingga 61 Juta

2.Ketahui kandungan pada shampo motor

Cat adalah bagian terpenting yang harus diperhatikan saat Anda mencuci motor. Jika sampai salah dalam memilih sampo, motor mungkin sulit dibersihkan dan bisa jadi cat motor berisiko rusak. Untuk itu, perhatikan secara detail kandungan bahan yang tertulis di kemasan.

Detergen yang bersifat asam dapat menyebabkan korosi sehingga kualitas cat motor akan menurun. Jika Anda ingin memilih sampo motor jenis detergen, pilih produk dengan kandungan detergen yang rendah. Detergen juga berdampak buruk bagi lingkungan. Limbah sampo berbahan detergen dapat mengganggu pertumbuhan tanaman.  

BACA JUGA:9 Rekomendasi Baterai Sepeda Listrik Kesayangan Kamu , Nomor 9 Nama Smartphone

Sampo dengan detergen juga dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Terlebih, jika Anda tidak cocok dengan sampo berbahan detergen.

Detergen bisa merusak lapisan wax pada cat, Akan lebih aman jika Anda memilih sampo dengan bahan dasar organik. Selain aman untuk cat motor, sampo dengan bahan dasar organik juga aman terhadap lingkungan karena limbahnya mudah terurai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: