Iklan dempo dalam berita

Siapkan Banyak Uang jika Ingin Menikah Dengan Cara Adat, Berikut 6 Adat Pernikahan yang Katanya Mahal

Siapkan Banyak Uang jika Ingin Menikah Dengan Cara Adat, Berikut 6 Adat Pernikahan yang Katanya Mahal

6 adat pernikahan yang katanya mahal--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Indonesia salah satu negara yang memiliki keanekaragaman suku, budaya, dan ras yang tersebar mulai dari Sabang hingga Merauke. Selain itu, budaya dan adat yang juga begitu kental masih terjaga hingga sekarang.

Ada banyak sekali upaya yang bisa dilakukan untuk melestarikan adat istiadat dan budaya yang ada di Indonesia. Salah satunya dengan menggelar pernikahan tradisional. 

Mulai dari tata cara adat, susunan acara pernikahan, hingga busana dan aksesori yang dikenakan, semuanya harus mengikuti pakem yang telah ada untuk menyempurnakan tradisi yang sudah berlaku secara turun temurun. 

BACA JUGA:Hari Terakhir, Cek Nama Peserta Lulus PPPK Guru 2023 hanya Melalui Link Ini

Sebagian besar masyarakat Indonesia berusaha memperkenalkan budaya asal mereka lewat gelaran pernikahan tradisional untuk membuatnya lebih bermakna.

Namun, pernikahan tradisional bisa memakan biaya yang tidak sedikit. Hal ini dikarenakan banyaknya rangkaian ritual dan prosesi yang harus dijalankan sesuai dengan ketentuan adat masing-masing. 

Berikut ini beberapa upacara pernikahan adat termahal di Indonesia yang memiliki serangkaian prosesi panjang hingga mahar dengan jumlah spektakuler:

1. Pernikahan Adat Minang

Salah satu pernikahan adat termahal di Indonesia adalah adat Padang Minangkabau. Terdapat sedikit perbedaan yang membuat pernikahan adat Minang terasa lebih istimewa. 

Bila biasanya pihak laki-laki lah yang akan bertandang untuk melamar calon mempelai wanita, maka lain halnya dengan tradisi pernikahan adat Minang. 

BACA JUGA:Gugup saat Bicara Depan Orang Bayak Hal yang Normal, Ini 10 Tips Menghilangkan Grogi

Melalui prosesi marasek hingga manimang, pihak keluarga wanita Minang akan mendatangi kediaman pihak keluarga pria sambil membawa deretan buah tangan dan benda-benda berharga lainnya. 

Jika lamaran yang diajukan telah diterima, barulah kedua calon pengantin dapat melakukan rangkaian prosesi pernikahan adat Minang selanjutnya. 

Salah satu tahapan termahal yang kerap dilakukan oleh calon mempelai wanita (anak daro) adalah Malam Bainai yang umumnya dilaksanakan tepat saat malam hari sebelum akad nikah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: