Iklan dempo dalam berita

Manfaat Jalan Kaki Agar Panjang Umur, Berapa Langkah dalam Sehari? Ini Ulasannya

Manfaat Jalan Kaki Agar Panjang Umur, Berapa Langkah dalam Sehari? Ini Ulasannya

Manfaat Jalan Kaki Agar Panjang Umur, Berapa Langkah dalam Sehari? Ini Ulasannya--Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Salah satu olahraga yang murah, sederhana, dan praktis adalah jalan kaki. Anda bisa melakukannya tanpa harus bergantung pada peralatan apa pun, kecuali sepatu yang tepat. 

Walau sekilas terlihat ringan, olahraga jalan kaki nyatanya baik untuk kesehatan jantung hingga tulang. Bahkan, jalan kaki bisa memperpanjang umur Anda!

BACA JUGA:Turunkan Berat Badan Hanya dengan Jalan Kaki? Ini Rahasianya, Bisa Turun 2,7 Kg Dalam Hitungan Minggu

Pakar kardiologi dari Lenox Hill Hospital, dr Suzanne Steinbaum, menjelaskan bahwa seseorang tidak harus berjalan hingga 10.000 langkah sehari untuk bisa mendapat benefit kesehatan. Manfaat kesehatan yang sama bisa didapatkan dengan jumlah langkah yang lebih sedikit.

Studi terbaru membuktikan bahwa cukup dengan berjalan 2.300-4.000 langkah sehari, seseorang bisa terhindar dari risiko penyakit jantung dan kematian dini. dr Steinbaum menambahkan risiko penyakit dan kematian tersebut akan semakin menurun dengan 500-1.000 langkah ekstra.

BACA JUGA:Berapa Lama Jalan Kaki dalam Sehari Agar Tubuh Sehat dan Prima? Ini Penjelasannya

Jalan kaki bisa jadi solusi tepat untuk kamu yang ingin memulai kebiasaan hidup sehat tapi bingung harus memulai dari mana. Jadi apa saja manfaat jalan kaki untuk tubuh?

1. Membakar Kalori

Jalan kaki bisa menurunkan berat badan karena tubuh yang biasanya diam mulai dipakai untuk bergerak. Dengan begitu, resiko obesitas tentu juga akan turun drastis. Siapa yang mengira jalan kaki ternyata bisa membantu program diet?

BACA JUGA:Cukup Jalan Kaki 30 Menit Setiap Hari, Dapatkan 10 Manfaat Luar Biasa Bagi Kesehatan

2. Meningkatkan Energi

Jalan kaki bisa meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh. Artinya, tubuh mendapatkan asupan energi lebih tambahan. Kalau kamu sedang merasa lesu, cobalah jalan kaki sejenak. Kamu pasti akan merasa lebih semangat setelahnya.

3. Mengurangi Stres

Kalau kamu termasuk orang yang mudah stres, ada baiknya memulai kebiasaan jalan kaki setiap hari. Karena jalan kaki ternyata bisa mengurangi kadar kortisol (hormon stres) dalam tubuh. Tidak perlu lama-lama, 10 menit pun sudah cukup untuk merasakan efeknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: