Iklan dempo dalam berita

Mata Bintitan Bukan Karena Ngintip, Tapi Penyebabnya 6 Faktor Ini, Begini Cara Menyembuhkannya

Mata Bintitan Bukan Karena Ngintip, Tapi Penyebabnya 6 Faktor Ini, Begini Cara Menyembuhkannya

Infeksi bakteri umumnya menjadi penyebab utama dari munculnya bintitan --

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Bintitan atau hordeolum adalah suatu kondisi yang terjadi ketika bintil yang menyakitkan, menyerupai jerawat atau bisul, muncul di sekitar tepi kelopak mata. Infeksi bakteri umumnya menjadi penyebab utama dari munculnya bintitan ini, dan kebanyakan kasus hanya terjadi pada satu kelopak mata.

BACA JUGA:Cerita Abu Nawas Beri Pelajaran Kepada Hakim Mata Duitan, Semuanya Dibongkar di Hadapan Raja

Bintitan, atau hordeolum dapat muncul karena beberapa faktor risiko, seperti menyentuh mata dengan tangan yang kotor, menggunakan kosmetik yang sudah kedaluwarsa, tidak membersihkan bekas kosmetik pada mata sebelum tidur, penggunaan lensa kontak yang tidak steril, mengalami peradangan pada ujung kelopak mata (blefaritis), dan memiliki penyakit rosacea yang menyebabkan kulit wajah memerah. 

Faktor-faktor ini dapat meningkatkan kemungkinan seseorang mengalami bintitan, dan menjaga kebersihan serta menghindari kebiasaan-kebiasaan yang berisiko dapat membantu mencegah infeksi pada mata ini.

BACA JUGA:Lensa Kacamata Buram, Tenang ada 7 Cara Membersihkan, Makin Kinclong Seperti Baru Beli

Walaupun demikian, penting untuk dicatat bahwa bintitan umumnya tidak sampai mengganggu penglihatan seseorang. Meskipun gejalanya dapat menciptakan ketidaknyamanan, seperti rasa sakit dan pembengkakan, namun bintitan biasanya tidak berdampak pada kemampuan melihat secara keseluruhan.

BACA JUGA:Pemburu Diskon Merapat, Ada Diskon Besar-besaran di Matahari, Periode 5-14 Desember 2023

Jadi sudah jelas, ya? Bahwa bintitan bukan disebabkan karena suka mengintip, oleh karena itu lakukan hal-hal di bawah ini untuk mengatasi bintitan:

1. Gunakan kompres Hangat

Cara yang paling efektif untuk mengatasi bintitan pada mata adalah dengan menggunakan kompres hangat. Suhu hangat dapat membantu mendorong nanah ke permukaan, melarutkan nanah dan minyak, sehingga cairan dapat keluar secara alami.

Langkah-langkahnya cukup sederhana. Pertama, basahi handuk kecil yang bersih dengan air hangat, pastikan airnya tidak terlalu panas. Peras kain tersebut agar lembab tetapi tidak menetes. Selanjutnya, letakkan handuk yang sudah dibasahi di mata selama lima sampai sepuluh menit. Penting untuk diingat, hindari memencet benjolan untuk mencegah infeksi.

Proses ini dapat diulang menggunakan kompres hangat sebanyak tiga hingga empat kali sehari hingga bintitan pada mata mengempis. Teknik ini membantu mempercepat pemulihan dan meredakan gejala yang mungkin dialami.

BACA JUGA:Mengungkap Kepribadian Seseorang dari Bentuk Matanya, Ternyata yang Mata Sipit Cenderung Lebih Disiplin

2. Pijat Ringan Saat Bintitan Pecah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: