Iklan dempo dalam berita

Ini 4 Keutamaan Menjadi Imam Shalat, Salah Satunya Didoakan Rasulullah SAW

Ini 4 Keutamaan Menjadi Imam Shalat, Salah Satunya Didoakan Rasulullah SAW

Ini 4 Keutamaan Menjadi Imam Shalat, Salah Satunya--Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Menjadi seorang imam sholat merupakan sebuah ibadah yang sangat besar pahalanya. Ia membawa dan memimpin satu gerbong orang-orang yang menyembah Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Salah satu keuntungan yang diperoleh seorang imam adalah akan dihapuskan dosa-dosanya. Ini sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadits nabi Muhammad ﷺ yang juga dapat ditemukan pada kitab at Targib wat Tarhib: 

BACA JUGA:7 Adab Ketika Seorang Muslim Menjadi Imam Shalat, Tidak Boleh Sembarangan

قَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ   : مَنْ أَمَّ أَصْحَابَهُ خَمْسَ صَلَوَاتٍ إِيْمَانًاوَاحْتِسَابًاغُفِرَلَهُ مَاتَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ.

Rasulullah ﷺ bersabda: barangsiapa mengimami sahabat-sahabatnya pada sholat lima waktu karena iman dan karena mengharapkan ganjaran Allah, maka diampuni bagi orang yang mengimami itu segala dosa-dosanya yang telah lalu. 

Keutamaan Imam Sholat

Dirangkum dari buku Ensiklopedi Shalat Menurut Al-Qur'an dan As-Sunnah karya Sa'id bin Ali bin Wahf Al-Qahthani, berikut beberapa keutamaan imam sholat:

BACA JUGA:Bolehkah Anak Kecil yang Belum Baligh Jadi Imam Shalat Berjamaah? Ini Penjelasannya

1. Orang terpilih dan memiliki ilmu

Rasulullah SAW bersabda, "Hendaklah yang mengimami suatu kaum itu orang yang paling baik bacaan kitabullah (Al-Qur'an) nya."

2. Pahala bagi imam

Rasulullah SAW bersabda, "(Para imam itu) sholat bersama kalian (makmum). Jika mereka (para imam) itu benar, (pahala) bagi kalian (dan bagi mereka) dan jika mereka salah, pahala bagimu dan dosa atas mereka." (HR Bukhari)

3. Didoakan Rasulullah SAW

Rasulullah SAW bersabda, "Seorang imam itu bertanggung jawab dan seorang muadzin bisa dipercaya. Ya Allah, bimbinglah para imam dan berikanlah ampunan kepada para muadzin." (HR Abu Dawud dan lainnya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: