Iklan dempo dalam berita

7 Cara Memilih Ban Tubeless Motor Matic Terbaik, Perhatikan Kode Angka-angkanya

7 Cara Memilih Ban Tubeless Motor Matic Terbaik, Perhatikan Kode Angka-angkanya

7 cara memilih ban motor matic--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Ban tubeless dengan banyak keunggulan pada motor matic. Karenanya tidak boleh sembarangan membeli ban motor matic. 

Agar mendapatkan ban yang terbaik dan tidak mengganggu kebutuhan yang lain, berikut cara memilih ban tubeless untuk sepeda motor matic:

1. Sesuaikan dana

Tips pertama dalam memilih ban tubeless yang bagus untuk motor adalah sesuaikan dengan dan atau bujet yang kamu punya. Jika kamu punya dana terbatas, tak perlu memaksakan diri untuk membeli ban dari merek terkenal yang pasti dibanderol dengan harga mahal.

BACA JUGA:9 Tahun Mati Suri, PDAM Seluma Coba Bangkit, Senin Pagi Bupati Lantik Direktur Terpilih

Cukup banyak pilihan ban berkualitas dengan harga yang masih terjangkau, seperti merek IRC, FDR, Zeneos, Maxxis, dan lain-lain yang bisa diperoleh dengan harga mulai dari Rp150 ribuan saja.

2.Tanggal pembuatan ban

Semua produk ban dari berbagai merek dan jenis pasti akan memiliki waktu produksi. Maka dari itu, setelah si penjual menyodorkan ban baru yang diambil dari stok, kamu wajib banget memperhatikan tanggal produksi sebelum memasangnya di motor kesayangan kamu.

Biasanya, di tiap ban memiliki kode unik tersendiri. Kode tersebut merupakan informasi kapan ban tersebut diproduksi. Semakin lama kode produksi ban tubeless, maka kualitasnya akan semakin berkurang.

BACA JUGA:Setelah Lulus PPPK, Informasi Ini Penting Diketahui, Termasuk Hak Istimewanya

Sebagai contoh, kamu akan membeli sepasang ban Corsa. Di dinding ban terdapat kode berupa angka, yakni 1220. Nah, kode tersebut berarti ban yang kamu pilih diproduksi pada bulan ke-12 tahun 2020.

3. Perhatikan motif ban

Tak hanya kesesuaian ukuran ban dengan motor dan pelek, kamu juga wajib memperhatikan motif ban. Pemilihan motif ban sebaiknya didasari dari kondisi jalan yang biasa kamu lalui saat berkendara, seperti jalanan yang basah atau tidak rata.

Jika kamu terbiasa berkendara melalui jalan di wilayah kota yang kondisinya kering, kamu bisa memilih ban tubeless dengan daya cengkeram baik untuk permukaan jalan yang kering dan panas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: