Iklan dempo dalam berita

Selain Lebih Hemat dan Ramah Lingkungan, Ini Manfaat Lengkap Menggunakan Panel Surya

Selain Lebih Hemat dan Ramah Lingkungan, Ini Manfaat Lengkap Menggunakan Panel Surya

Manfaat panel surya tidak hanya hemat dan ramah lingkungan--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Panel surya atau dikenal juga sebagai panel fotovoltaik adalah perangkat yang mampu mengubah energi matahari menjadi energi listrik. Dalam beberapa tahun terakhir, penggunaan panel surya telah meningkat pesat di seluruh dunia dan telah menjadi salah satu sumber energi terbarukan yang paling populer. 

Salah satu manfaat utama dari panel surya adalah kemampuannya untuk menghasilkan energi yang bersih dan ramah lingkungan. 

BACA JUGA:Tidak Boleh Sembarangan, Pakai 8 Benda Ini untuk Bersihkan Layar LED Laptop, PC atau Tablet

Panel surya tidak menghasilkan gas rumah kaca atau polusi lainnya selama digunakan, loh. Dengan menggunakan energi matahari sebagai sumber utamanya, panel surya ini membantu mengurangi ketergantungan kita pada bahan bakar fosil yang merupakan penyebab utama perubahan iklim secara drastis. 

Dengan memilih panel surya, kita dapat berkontribusi pada perlindungan lingkungan dan menjaga planet ini untuk generasi mendatang. Lalu apa saja kelebihan dari panel surya ini? Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa manfaat dari penggunaan panel surya. 

Apa itu panel surya?

Panel surya adalah perangkat yang terdiri dari sekelompok sel surya yang berfungsi untuk menyerap sinar matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik. Sel-sel surya umumnya disusun dalam pola seperti kisi-kisi pada permukaan panel surya. 

BACA JUGA:Selain Gaji dan Tunjangan, PPPK Dapat THR Gak? Ini Aturannya, Silakan Dipahami

Selain itu, panel surya juga dapat digambarkan sebagai satu set modul fotovoltaik yang terdiri dari sel surya yang saling terhubung dan dipasang pada struktur pendukung. 

Teknologi fotovoltaik sendiri pertama kali diperkenalkan pada tahun 1839 oleh Alexandre Edmond Becquerel, seorang ahli fisika asal Perancis. 

Melalui percobaan menggunakan dua elektroda dan selenium, Becquerel berhasil menghasilkan energi listrik dari penyinaran. Percobaan ini membuktikan bahwa energi cahaya dapat diubah menjadi energi listrik. Penelitian ini kemudian dikembangkan oleh Albert Einstein pada tahun 1904 melalui percobaan efek fotolistrik. 

BACA JUGA:Kabupaten Seluma Dapat 1.200 Kartu E-Kusuka untuk Nelayan, Sekarang Mulai Dibagikan

Namun, teknologi panel surya yang digunakan hingga saat ini merupakan hasil penelitian dari Russel Ohl pada tahun 1941. Lalu apa saja manfaatnya untuk kita?

1.Menghemat Tagihan Listrik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: