Iklan RBTV Dalam Berita

Sebelum Pasang, Pahami Kelebihan dan Kekurangan Panel Surya Berikut

Sebelum Pasang, Pahami Kelebihan dan Kekurangan Panel Surya Berikut

Kekurangan dan kelebihan panel surya--

Dengan melibatkan tenaga profesional, panel surya yang terpasang akan berfungsi secara optimal dan mengurangi risiko-risiko yang mungkin timbul di kemudian hari. 

Jika pemasangan dilakukan dengan sembarangan, bisa berpotensi menimbulkan kebocoran dan bahkan merusak atap rumah. Selain itu, penggunaan panel surya di Indonesia masih terbatas.

3. Biaya Pasang Mahal

Satu hal yang menjadi tantangan besar dalam menggunakan panel surya adalah harga awalnya yang cukup tinggi. Meskipun biaya panel surya ini telah turun dalam beberapa tahun terakhir, namun masih membutuhkan investasi yang cukup besar untuk membeli dan memasang panel surya-nya.

4.Tergantung Cuaca

Dan kekurangan terakhir dari Panel surya adalah butuh sinar matahari yang cukup supaya bisa menghasilkan listrik dengan efisien. Kalau tinggal di daerah yang sering hujan atau cuacanya gak cerah, kemampuan panel surya bisa berkurang. Itu juga bisa mempengaruhi keandalan energi surya di beberapa waktu. 

BACA JUGA:Kabar Gembira, PPPK Bakal Dapat Uang Pensiun Seperti PNS, Berikut Ketentuannya

Jadi, kalau cuaca mendung atau hujan terus menerus, sistem energi bisa terdampak banget. Tapi, ingat ya, energi matahari gak bisa dikumpulkan pas malem hari. Tapi kalau kamu butuh pemanas air yang tetap jalan di malam hari atau saat musim dingin, kamu bisa pertimbangkan panel termodinamika sebagai alternatif.

Nah, itulah kelebihan dan kekurangan dari panel surya yang wajib kamu ketahui sebelum berencana memasang sendiri di rumah. Panel surya memiliki sejumlah kelebihan sebagai sumber energi alternatif yang ramah lingkungan, termasuk tidak adanya emisi gas rumah kaca, ketersediaan energi matahari yang berlimpah, biaya operasional yang rendah, dan kemampuan meningkatkan kemandirian energi. 

BACA JUGA:Lowongan Kerja di PT Patra Anak Perusahaan Pertamina untuk Lulusan Teknik

Namun, mereka juga memiliki kekurangan seperti biaya awal yang tinggi, ketergantungan pada cuaca dan tidak bisa dipindah. Dalam keseluruhan, panel surya tetap menjadi solusi yang menarik dalam menghadapi tantangan lingkungan dan energi saat ini dengan potensi untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Jadi apakah kamu tertarik untuk memasang panel surya?

 

Aziz Shadiq Ghaniy

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: