Iklan dempo dalam berita

Pelamar KPPS, Catat Berikut Tanggal Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi, Selanjutnya Masa Sanggah

Pelamar KPPS, Catat Berikut Tanggal Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi, Selanjutnya Masa Sanggah

Jadwal pengumuman seleksi administrasi KPPS--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Pendaftaran KPPS sudah ditutup pada hari Rabu (20/12). Jika pendaftaranmu telah diterima, kamu akan langsung melanjutkan ke proses seleksi administrasi yang berlangsung hingga 22 Desember 2023. Pengumuman hasil seleksi administrasi ini dijadwalkan pada 23-25 Desember 2023.

KPPS atau Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara, adalah sebuah tim yang dibentuk oleh PPS (Panitia Pemungutan Suara) dengan tugas utama melakukan pemungutan suara di TPS (Tempat Pemungutan Suara). 

BACA JUGA:Pelajari Bocoran Kisi-kisi Soal Tes KPPS Berikut agar Lulus, Soal Pilihan Ganda serta Jawabannya

Tim KPPS terdiri dari 7 orang yang dipilih dari masyarakat sekitar TPS, memenuhi syarat sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Dalam komposisinya, setidaknya 30 persen dari anggota KPPS adalah perempuan. 

Struktur anggota KPPS terdiri dari 1 orang anggota yang juga menjadi ketua serta 6 anggota lainnya. Pemilihan ketua KPPS dilakukan dari dan oleh anggota-anggota KPPS itu sendiri.

Hasil seleksi administrasi rekrutmen KPPS 2024 akan diumumkan oleh PPS di setiap wilayah. Setelah itu, KPU akan membuka periode tanggapan publik terhadap calon KPPS dari tanggal 23 hingga 28 Desember 2023.

Saat memasuki tahap tes dalam seleksi KPPS untuk Pemilu, beberapa hal yang umumnya dilakukan termasuk:

BACA JUGA:Penting untuk Pendaftar KPPS, Ini Penjelasan Lengkap Tugas Ketua serta Anggota KPPS

1. Tes Kompetensi: Ini dapat mencakup tes tertulis atau tes lisan yang menilai pengetahuan umum, pemahaman terhadap tugas KPPS, pengetahuan tentang proses pemilu, aturan, serta kemampuan analisis.

2. Tes Keterampilan Praktis: Beberapa tahapan seleksi mungkin memerlukan demonstrasi atau simulasi keterampilan yang diperlukan dalam tugas KPPS, seperti cara mengoperasikan alat pemungutan suara, pemahaman terhadap prosedur pemilihan, dan kepatuhan terhadap aturan.

3. Penilaian Integritas dan Kemandirian: Tes ini dapat melibatkan wawancara atau skenario yang menguji integritas, etika, dan sikap independen dari calon anggota KPPS dalam menghadapi situasi tertentu yang mungkin timbul selama proses pemilihan.

4. Evaluasi Interpersonal: Bagian dari tes ini mungkin melibatkan penilaian terhadap kemampuan berkomunikasi, kerja tim, serta kemampuan untuk bekerja sama dengan berbagai pihak terkait dalam menjalankan tugas KPPS.

BACA JUGA:Ada 6 Badan Ad Hoc yang Dibentuk KPU Selain KPPS, Begini Tugas dan Tanggung Jawabnya untuk Sukseskan Pemilu

5. Penilaian Kapasitas dan Kesiapan: Tes ini mungkin mencakup skenario atau pertanyaan yang menguji kapasitas dan kesiapan calon anggota KPPS dalam menangani berbagai situasi yang mungkin terjadi selama proses pemilihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: