Iklan dempo dalam berita

Air Sumur Berbau dan Mengandung Besi? Jangan Pusing Dulu, Begini Cara Mengatasinya

Air Sumur Berbau dan Mengandung Besi? Jangan Pusing Dulu, Begini Cara Mengatasinya

Cara mengatasi air sumur berbau dan mengandung besi--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Mungkin saat ini Anda sedang mengalami masalah air sumur berbau, keruh dan mengandung besi. Kondisi ini tidak boleh dibiarkan. Karena yang pasti air tersebut tidak sehat untuk dikonsumsi.

Zat-zat kimia dalam air dapat menjadi penyebab air keruh dan berbau seperti besi, salah satunya adalah karena memang adanya kandungan besi dan mangan berlebih.

Zat-zat kimia ini dapat menyebabkan penyumbatan pada pipa akibat endapan berlebih sehingga air tidak mengalir dengan lancar dan tidak jernih. Selain itu penyumbatan ini juga menyebabkan pipa penuh karatan besi dan mudah ditumbuhi lumut.

BACA JUGA: iPhone 8 dan iPhone 7 Spesifikasinya Beda Tipis, Harga Rp2 juta Cocok untuk Kalangan Pelajar, Pilih Mana?

Hal ini tentunya dapat membuat air yang mengalir melalui keran terlihat keruh seperti karatan besi, baunya pun begitu. Apabila terkonsumsi penyakit bisa datang pada tubuh.

Selain itu penyebab air menjadi keruh adalah perubahan musim memang sangat berpengaruh terhadap kondisi filter air sumur. Saat hujan datang atau kemarau tiba, filter air sumur bisa tidak berfungsi sehingga air menjadi keruh.

Saat kamu mendapati kondisi air sumur di rumahmu berwarna kuning atau keruh serta berbau, jangan dibiarkan. Segera lakukan tindakan untuk membersihkan sumur tersebut agar dapat digunakan kembali dengan aman.

Berikut 3 cara yang dapat dilakukan untuk membersihkan sumur yang mengandung besi dan mangan sebagai penyebab air keruh, bau dan kuning.

BACA JUGA:4 Kebiasaan di Malam Hari yang Dipercaya Bisa Membuat Umur Jadi Lebih Panjang, Coba Buktikan

1. Untuk menjernihkan kembali air yang berwarna kuning dan berbau, kamu bisa menggunakan tawas. Tawas atau alumunium sulfat, adalah bahan pemutih air yang berbentuk seperti bebatuan kristal.

Cara kerja penjernih air sumur ini lumayan cepat, aman untuk dipakai, dan mudah ditemukan di pasar atau di toko bangunan.

Cara menggunakan tawas sebagai penjernih yaitu dengan menaburkan tawas yang sudah digerus hingga halus seperti bubuk langsung ke dalam sumur.

2. Masalah air keruh dapat diatasi dengan ijuk. Ijuk bersih yang dipaparkan di dasar sumur akan berfungsi sebagai saringan sumur.

BACA JUGA:Mau Punya Umur Lebih Panjang, Coba Terapkan 5 Pola Hidup Sehat Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: