Iklan dempo dalam berita

Ini Jenis-jenis Meteran Listrik dan Ketahui juga Keunggulannya Masing-masing

Ini Jenis-jenis Meteran Listrik dan Ketahui juga Keunggulannya Masing-masing

Jenis dan keunggulan meteran listrik--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Listrik menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari kita. Mulai dari penerangan, pemanasan, hingga kebutuhan elektronik seperti perangkat rumah tangga, semuanya memanfaatkan energi listrik. 

Ketika membicarakan tentang listrik, tentunya tidak dapat melewatkan peran penting dari meteran listrik. Meteran Listrik merupakan komponen yang krusial dalam sistem kelistrikan yang kita gunakan saat ini. 

Penggunaan meteran listrik sangatlah penting dalam mengukur konsumsi energi listrik di rumah, bisnis, dan industri. 

Meteran listrik memberikan informasi yang akurat mengenai jumlah energi listrik yang digunakan, sehingga membantu pengguna dalam mengelola dan mengontrol penggunaan listrik mereka. 

BACA JUGA:Sebentar Lagi Pengumuman PPPK Guru, Pahami Arti Kode P, P/L, PR1, PR2, L2, L3, TL, dan A

Namun, terdapat beberapa jenis meteran listrik yang telah digunakan hingga saat ini. Lalu, meteran apa saja yang telah digunakan selama ini? Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang jenis-jenis meteran listrik dan perannya dalam mendukung keberlangsungan hidup kita.

Pengertian Meteran Listrik

Meteran listrik atau yang sering kita sebut sebagai kWh meter adalah alat yang digunakan untuk menghitung seberapa banyak energi listrik yang kita gunakan di rumah atau tempat lainnya. Alat ini sangat penting dalam menghitung penggunaan listrik dan menentukan jumlah tagihan yang harus kita bayar nantinya kepada perusahaan energi listrik. 

BACA JUGA:Pori-pori Wajah yang Besar Mengganggu Penampilan, Ternyata 10 Hal Ini Penyebabnya

Cara kerja alat ini menggunakan metode induksi magnet, di mana ada medan magnet yang tercipta yang dapat membuat piringan aluminium berputar. Semakin banyak daya listrik yang kita gunakan, maka semakin cepat piringan tersebut berputar. Begitu juga sebaliknya, jika kita mengurangi penggunaan listrik, maka kecepatan putaran piringan juga akan melambat.

Jenis Meteran Listrik

Meteran Listrik Analog

Meteran listrik pertama adalah meteran listrik analog. Jenis meteran ini merupakan yang paling lama dan paling umum digunakan di Indonesia. Bahkan hingga saat ini, masih banyak rumah yang menggunakan meteran listrik analog. 

BACA JUGA:PT Yamahan Motor Indonesia Buka Lowongan Kerja Terbaru untuk 6 Posisi, Lulusan SMA dan SMK Bisa Daftar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: