Iklan dempo dalam berita

Sudah Ganti Smart Meteran AMI Belum, Begini 6 Ciri dan Penyebab Meteran Listrik Rusak

Sudah Ganti Smart Meteran AMI Belum, Begini 6 Ciri dan Penyebab Meteran Listrik Rusak

Kenali 6 tandan meteran listrik rusak dan penyebabnya--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Meteran listrik adalah komponen penting dalam sistem kelistrikan sebuah rumah atau bangunan. Fungsi utama meteran listrik adalah mengukur konsumsi energi listrik yang digunakan oleh pengguna. 

BACA JUGA:Pengganti Meteran Listrik Sudah Diterapkan di Beberapa Kota, Apakah Penukaran Ke Smart Meteran AMI Berbayar?

Namun, seperti halnya perangkat elektronik lainnya, meteran listrik juga rentan mengalami kerusakan. Dalam artikel ini, kita akan membahas ciri-ciri dari meteran listrik yang rusak dan tanda-tandanya, agar pengguna dapat segera mendeteksi dan mengambil langkah yang diperlukan.

1. Muncul Tulisan Periksa Pada KwH Meter

Tanda pertama bahwa meteran listrik rusak adalah ketika muncul tulisan "periksa" pada kWh meter.  Meskipun tidak semua pelanggan listrik prabayar atau pascabayar mengalaminya, biasanya hal ini terjadi karena ada kesalahan atau kerusakan pada bagian meteran listrik. Kamu dapat memeriksa bagian lainnya dan menghubungi petugas PLN agar masalah cepat teratasi.

BACA JUGA:Mak-mak Sering Gagal Paham, Ini lo Fungsi Meteran Listrik di Rumah, Perlu Paham Antisipasi Suami Dinas Luar

2. Muncul Kode Error

Satu ciri berikutnya yang patut diperhatikan adalah munculnya kode error. Ketika kode error muncul, hal ini menjadi petunjuk yang jelas bahwa meteran listrik di rumahmu mengalami masalah. Biasanya, pengguna listrik dengan sistem prabayar yang akan menghadapi kendala semacam ini. 

Namun, tidak perlu khawatir atau panik ketika kode error terlihat di meteran rumah. Langkah terbaik yang bisa kamu lakukan adalah menghubungi petugas PLN agar dapat melakukan pemeriksaan dan perbaikan yang dibutuhkan, mengingat tiap kode error memiliki penanganan yang berbeda-beda.

BACA JUGA:Tunggakan Listrik Tembus Rp 1 Miliar, Meteran kWh 7.422 Pelanggan Listrik di Seluma Terancam Dicabut

3. Stop Kontak Pada kWh Meter Sering Turun

Kerusakan lainnya mungkin bisa terjadi karena stop kontak atau Miniature Circuit Breaker (MCB) sering mati. Ini tentu sangat mengganggu dan dapat mempercepat kerusakan barang elektronik di rumah. Jadi, sebaiknya kamu segera memeriksa apakah ada masalah pada meteran listrik. Jika tidak ada masalah, mungkin kamu perlu menambah daya listrik di rumahmu dengan segera, ya!

BACA JUGA:Tagihan Listrik Lebih Hemat? Ini Manfaat Smart Meter AMI Pengganti Meteran Listrik PLN

4. kWh Meter Tidak Menyala

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: