Iklan dempo dalam berita

Fantastis, Koin Kuno Islam Ini Dilelang dengan Harga Rp 27 Miliar, Simak juga Asal Mula Kata Duit

Fantastis, Koin Kuno Islam Ini Dilelang dengan Harga Rp 27 Miliar, Simak juga Asal Mula Kata Duit

Koin kuno Islam yang harganya mencapai puluhan miliar rupiah--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Koin zaman dulu sering kali bernilai fantastis. Tentu saja koin-koin yang menjadi mata uang itu tidak berlaku lagi saat ini, namun harganya menjadi sangat tinggi mengingat sejarah yang melekat pada koin tersebut.

Salah satunya koin emas Islam terlangka dan paling berharga di dunia yang dilelang beberapa waktu lalu di London, Inggris. Ingin tahu berapa harga? Dalam pelelangan ini harga koin tersebut ditaksir USD1,72 juta sampai USD1,97 juta atau sekira Rp 24 miliar hingga Rp 27,7 miliar. Koin emas bertuliskan kalimat syahadat ini berukuran mungil sebesar uang koin Poundsterling.

BACA JUGA:Pinjol Koinworks Solusi Pendanaan Modal Usaha hingga Rp 2 Miliar, Syarat Mudah dan Cepat Cair

Koin emas Islam ini bernilai tinggi karena menjadi mata uang dinar Ummayyad sejak 105 Hijriah atau 723 sebelum Masehi.

Hal tersebut sebagaimana tercatat pada surat Ma’din Amirul Mukminin yang diterjemahkan sebagai "Mine of the Commander of the Faithful." Koin emas dinar tersebut juga dibuat dari emas yang ditambang di lokasi yang dimiliki oleh Khalifah sendiri.

Sebagai penerus Nabi Muhammad, Khalifah adalah jabatan penting. Dia adalah pemimpin agama sekaligus penguasa politik tertinggi dari negara Islam, menjadikan ini sumber utama bagi peninggalan Islam mana pun.

Poin lain yang membuat koin emas ini berharga tinggi adalah legenda Bil Hijaz yang menegaskan bahwa tambang emasnya berasal dari Hijaz. “Lokasinya di antara Makkah dan Madinah, di barat Arab Saudi saat ini,” kata juru spesialis lelang Morton & Eden.

BACA JUGA:12 Manfaat Minum Kopi Tanpa Gula, Apa Benar Bisa Membuat Panjang Umur

Pada dasarnya ini adalah koin emas Islam pertama yang menyebutkan lokasi di Arab Saudi, dan memang yang paling awal dari wilayah Teluk secara keseluruhan.

"Dinar ini adalah salah satu yang paling dicari dari semua koin pada masa Islam awal dan merupakan yang terbaik yang diinginkan para kolektor koin Islam awal," kata Stephen Lloyd, spesialis koin Islam dari Morton & Eden.

Kemudian Stephen Lloyd juga mengatakan, "Hanya sekitar selusin koin yang diketahui saat ini dan hampir semuanya, sekarang disimpan menjadi koleksi pribadi atau museum internasional besar. Ini hanya spesimen kedua yang pernah ditawarkan di lelang publik."

"Yang lain juga dilelang oleh juru lelang spesialis pada tahun 2011 ketika dijual dengan harga 3,72 juta poundsterling, memecahkan rekor harga untuk koin Islam apa pun dan koin emas apa pun yang dijual di Eropa," ujar Stephen Lloyd.

BACA JUGA:Pinjol Koinworks Pinjam Rp 50 Juta Cicilan Ringan, Tiap Bulan hanya Bayar Segini, Nggak Nguras Kantong

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: