Iklan dempo dalam berita

Hari Ini Wilayah Berikut Berpotensi Hujan Lebat, Simak juga Daerah yang Telah Turun Hujan

Hari Ini Wilayah Berikut Berpotensi Hujan Lebat, Simak juga Daerah yang Telah Turun Hujan

Wilayah yang diprediksikan hujan lebat hari ini--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Dampak El Nino, hujan belum merata di seluruh daerah. Namun hari ini ada beberapa wilayah yang diperkirakan hujan lebat. Selain itu beberapa lainnya juga telah mengalami hujan sejak beberapa minggu terakhir.

Menurut Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, meskipun musim hujan telah dimulai, hal ini tidak terjadi secara serentak di seluruh Indonesia. Sebelumnya, El Nino telah menyebabkan kekeringan di beberapa daerah, dan meskipun telah melewati puncaknya, dampaknya masih dirasakan hingga tahun depan.

BACA JUGA:8 Zodiac Ini Akan Mendapatkan Keberuntungan Dalam Urusan Percintaan di Tahun 2024

Berdasarkan pemantauan BMKG, hujan telah turun di sejumlah wilayah seperti Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau. Namun, musim hujan ini diprediksi akan meluas ke wilayah Sumatera bagian tengah dan selatan, lalu menyusul ke Kalimantan dan Jawa pada periode selanjutnya.

Wilayah Indonesia diprediksi secara bertahap akan mulai didominasi oleh musim hujan. Berdasarkan prakiraan dari BMKG, musim hujan diproyeksikan terjadi secara berbeda-beda di beberapa daerah. 

Sekitar 63,8 persen wilayah mengalami awal musim hujan lebih lambat dari biasanya, 3,2 persen lebih awal dari biasanya, dan 7 persen memiliki awal musim yang sesuai dengan rata-rata klimatologis.

BACA JUGA:Hobi Tidak Selalu Buang Uang, Sebaliknya Menjadi Investasi, Ini Beberapa Hobi yang Bisa Menghasilkan Cuan

BMKG telah merilis perkiraan puncak musim hujan untuk rentang waktu 2023-2024. Mayoritas wilayah di Indonesia diperkirakan akan mencapai puncaknya pada rentang waktu Januari hingga Februari 2024. Prediksi BMKG menyebutkan bahwa puncak musim hujan di berbagai pulau memiliki jadwal yang berbeda. Seperti puncak musim hujan di Pulau Sumatera yang diperkirakan terjadi dari September 2023 hingga April 2024, di Pulau Jawa dari Desember 2023 hingga Februari 2024, di Pulau Kalimantan dari Oktober 2023 hingga Juni 2024.

Untuk wilayah lainnya, seperti Bali dan Nusa Tenggara, puncak musim hujan diperkirakan terjadi dari Desember 2023 hingga Maret 2024, di Pulau Sulawesi dari Desember 2023 hingga Agustus 2024, dan di Maluku dan Papua diperkirakan terjadi dari September 2023 hingga 2024.

BACA JUGA:Penampilan Baru Yamaha Mio M3 Tahun 2024, Tidak hanya Warna juga Lebih Sporty

Berdasarkan prediksi BMKG untuk musim hujan pada periode 2023-2024, diperkirakan intensitas hujan akan berada dalam kondisi normal di beberapa wilayah. 

Wilayah-wilayah tersebut termasuk sebagian kecil Sumatera Utara, bagian selatan Lampung, sebagian kecil Banten, sebagian kecil Jawa Barat, bagian timur Jawa Tengah, bagian selatan Jawa Timur, sebagian Kalimantan Barat, sebagian Nusa Tenggara Timur, bagian utara Sulawesi Tengah, bagian selatan Papua Barat, dan bagian barat Papua. Ini menunjukkan bahwa wilayah-wilayah ini diprediksi tidak akan mengalami perubahan signifikan dalam intensitas hujan selama musim hujan periode tersebut.

BACA JUGA:Cara Kecilkan Pori Wajah dengan Buah Pisang, Ampuh Bikin Wajah Berseri dan Sehat untuk Pencernaan

Berdasarkan prakiraan BMKG, musim hujan pada periode tersebut diproyeksikan akan membawa intensitas tinggi di beberapa wilayah. Wilayah-wilayah yang diperkirakan akan mengalami hujan dengan intensitas tinggi termasuk bagian selatan Aceh, bagian utara Sumatera Utara, bagian utara Riau, bagian selatan Sumatera, bagian utara Jambi, bagian utara Bengkulu, bagian barat Sumatera Selatan, bagian selatan Banten, bagian selatan Sulawesi Tengah, dan bagian selatan Sulawesi Tenggara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: