Iklan RBTV Dalam Berita

5 Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Rontok Setelah Smoothing, Pasti Efektif

5 Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Rontok Setelah Smoothing, Pasti Efektif

5 cara mengatasi rambut rontok setelah smoothing--

Masih melakukan penataan rambut dengan alat styling bersuhu panas, seperti catok atau hair dryer, dapat meningkatkan risiko rambut rontok dan patah, terutama setelah menjalani smoothing rambut. Paparan suhu panas secara berlebihan dapat membuat rambut menjadi kering, rapuh, dan akhirnya menyebabkan kerontokan. Oleh karena itu, disarankan untuk mengurangi frekuensi penggunaan alat styling bersuhu panas agar kelembapan alami rambut tetap terjaga.

BACA JUGA:5 Cara Mengatasi Rambut Rontok Setelah Rebonding, Rambut Lurus dan Lembut Tanpa Takut Rontok Lagi

5. Terpapar sinar matahari terlalu lama juga dapat menjadi penyebab rambut rontok dan patah, terutama setelah proses smoothing. Efek pengurangan kelembapan rambut akibat smoothing akan semakin buruk jika rambut terpapar sinar matahari secara berlebihan. 

Disarankan untuk menggunakan serum rambut sebelum beraktivitas di luar ruangan dan melindungi rambut dengan topi, payung, atau hoodie jaket agar terhindar dari paparan sinar matahari yang berlebihan.

Setelah mengetahui penyebab rambut rontok karena smoothing, berikut cara mengatasi rambut rontok setelah smoothing, pasti efektif:

1. Hair Mask atau Creambath Rutin

Hair mask atau creambath adalah langkah awal yang dapat kamu lakukan secara rutin untuk mengatasi rambut rontok pasca smoothing. Tujuan dari hair mask atau creambath adalah membersihkan sisa-sisa obat smoothing yang mengandung bahan kimia berpotensi merusak rambut. Kamu bisa melakukan hair mask atau creambath di salon langgananmu minimal dua minggu sekali. Jangan khawatir, perawatan ini seharusnya tidak akan merusak hasil smoothing kamu.

BACA JUGA:Jangan Bingung, Ini 10 Cara Mengatasi Rambut Rontok Anak Usia 10 Tahun, Alami Tanpa Efek Samping

2. Masker Rambut dengan Bahan Alami

Membuat masker rambut dengan bahan alami yang tersedia di sekitarmu. Bahan alami seperti lidah buaya, minyak zaitun, madu, minyak kemiri bakar, dan lainnya dapat digunakan sebagai masker rambut untuk mengobati rambut rontok akibat smoothing. Pilihlah bahan alami yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi rambutmu.

3. Sisir Ujung Bulat dan Gigi Jarang

Sisir yang memiliki ujung bulat dan gigi yang jarang sangat dianjurkan untuk menyisir rambut setelah smoothing. Sisir ini berfungsi untuk menyisir tanpa menyebabkan luka lecet pada kulit kepala dan tidak mematahkan rambut kering akibat smoothing, sehingga mengurangi risiko rambut rontok. Ujung bulat pada sisir juga membantu menyisir rambut dengan rapi, halus, dan lembut.

BACA JUGA:5 Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Minyak Kemiri yang Terbukti Efektif, Begini Cara Mengolahnya

4. Shampoo dan Kondisioner Khusus

Pilihlah shampoo dan kondisioner yang sesuai dengan kondisi rambutmu pasca smoothing. Rambut yang mengalami smoothing biasanya cenderung kering, kusam, dan rentan rontok. Gunakan shampoo dan kondisioner khusus untuk rambut kering dan rontok yang tersedia di apotek. Pastikan untuk memberikan nutrisi ekstra pada rambutmu agar tetap sehat dan terawat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: