Iklan dempo dalam berita

Banyak Simbol Khas Unik saat Imlek, Ternyata Ini Arti dan Makna Tradisi Tahun Baru Imlek

Banyak Simbol Khas Unik saat Imlek, Ternyata Ini Arti dan Makna Tradisi Tahun Baru Imlek

Simbol imlek serta artinya--

NASIONAL,RBTVCAMKOHA.COMBanyak simbol khas unik saat imlek, ternyata ini arti dan makna tradisi tahun baru imlekBiasanya saat tahun baru imlek tiba, ada simbol khas yang melekat di dalamnya.

Misalkan seperti lampion, warna merah, angpao dll. Semua simbol itu memiliki arti, lho! berikut arti dan makna trasdisi tahun baru imlek.

BACA JUGA:Mau Motor Keren Honda Vario 160 Tapi Uang Mepet, Simak Tabel Simulasi Cicilan Vario 160 2024 DP Rp3-5 Juta

Perayaan Imlek, yang berasal dari tradisi pertanian dan kepercayaan zaman kuno di Tiongkok, memiliki sejarah yang panjang dan berakar dalam budaya masyarakat. Awalnya, pada masa Dinasti Shang, petani mempraktikkan tradisi pergantian tahun kalender bulan dengan memberikan persembahan kepada dewa dan leluhur, berharap mendapatkan hasil panen yang baik. 

Selama Dinasti Zhou, tradisi persembahan korban masih berlanjut, sementara masyarakat mulai bercocok tanam dan menyembah alam untuk mendapatkan berkah pada pergantian tahun.

Pada masa Dinasti Han, Hari Raya Imlek diresmikan sebagai perayaan resmi dengan pertemuan seremonial dan persembahan kepada dewa dan leluhur. 

BACA JUGA:Rekomendasi 6 Laptop Bagus untuk Autocad Supaya Lancar Menggambar 2D dan 3D

Inovasi muncul pada masa Dinasti Jin dengan praktik "shou sui," yaitu berkumpul bersama keluarga atau teman pada malam pergantian tahun. Dinasti Tang membawa popularitas teka-teki atau "caidengmi" serta Festival Lampion, yang semakin memeriahkan suasana. 

Dinasti Song memperkenalkan penggunaan bubuk mesiu, menambahkan kegembiraan dengan kembang api saat malam tahun baru. Perjalanan panjang ini mencerminkan perkembangan budaya dan kepercayaan masyarakat Tiongkok sepanjang sejarah.

Berikut makna simbol-simbol imlek:

1. Makna Dekorasi Rumah

Tradisi Imlek memberikan makna mendalam melalui berbagai praktik yang dilakukan menjelang perayaan. Salah satu maknanya terkait dengan dekorasi rumah. Warna merah menjadi identitas khas Imlek, dan sebelum perayaan tiba, disarankan untuk mendekorasi seluruh rumah dengan warna merah. 

BACA JUGA:Kembar Tapi Tak Identik, Ini Perbedaan spesifikasi Samsung galaxy A15 dengan A15 5G yang Resmi Rilis Bersamaan

Pintu dan jendela dicat ulang, sementara berbagai kertas bertuliskan kalimat atau kata bijak ditempel di berbagai tempat. Warna merah dipercaya dapat membawa keberuntungan dan kesejahteraan, serta diyakini dapat mengusir Nian, mahluk buas yang konon hidup di dasar laut atau gunung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: