Iklan RBTV Dalam Berita

Selain Tata Cara Sholat Malam 1 Rajab, Ada 4 Ibadah Penting yang Bisa Diamalkan Selama Bulan Rajab

Selain Tata Cara Sholat Malam 1 Rajab, Ada 4 Ibadah Penting yang Bisa Diamalkan Selama Bulan Rajab

4 ibadah yang baik dilakukan selama bulan Rajab--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Berdasarkan kalender yang diterbitkan oleh Kementerian Agama, tanggal 1 Rajab 1445 hijriah jatuh pada Sabtu 13 Januari 2024 kemarin. Sementara itu, malam 1 Rajab 2024 jatuh pada Jumat, 12 Januari 2024. Hal ini lantaran pergantian hari dalam Islam itu saat matahari tenggelam dan saat bulan muncul alias waktu magrib.

BACA JUGA:5 Keutamaan Puasa Rajab Bagi Umat Muslim yang Mengamalkan Puasa Sunah Ini

Malam 1 Rajab 2024 ini juga dinantikan oleh sebagian umat Islam yang ingin melaksanakan ibadah sunah, diantaranya menunaikkan sholat sunnah. Sholat sunah ini sebenarnya hampir sama dengan sholat pada umumnya. Namun, ada perbedaan dalam hal bacaan niatnya serta jumlah rakaatnya.

BACA JUGA:Rincian Angsuran KUR BRI 2024 Pinjaman Rp 45-65 Juta Selisihnya Cuma Segini, Silakan Cek

Setelah menyelesaikan sholat, jangan lupa untuk berdoa terlebih dahulu. Karena di momen inilah doa dan harapan yang disampaikan, insya Allah akan lebih mudah diijabah Allah SWT.

Berikut adalah tata cara sholat Rajab sebagaimana dirangkum melalui berbagai sumber.

Tata cara pelaksanaannya sama seperti sholat sunah pada umumnya, yaitu dengan melakukan wudhu terlebih dahulu. Kemudian mempersiapkan tempat sholat yang tenang dan jauh dari gangguan. Setelah itu, lakukan niat untuk sholat sunah Rajab.

BACA JUGA:KUR BRI 2024 Ada Bunga di Bawah 1 Persen, Syaratnya Cukup Lengkapi 4 Dokumen Berikut

Doa yang dianjurkan setelah sholat sunah Rajab adalah doa mohon ampunan dan doa memohon perlindungan dari segala macam bencana. Hukum sholat sunah Rajab adalah sunah muakkad, artinya sunah yang dianjurkan untuk dikerjakan.

BACA JUGA:Serba-serbi KUR BCA 2024, Nikmati Plafon hingga Rp500 Juta, Ada Pinjaman tanpa Jaminan

Waktu pelaksanaan sholat sunah Rajab adalah pada malam hari, lebih tepatnya dikerjakan pada waktu malam sebelum tidur atau pada malam hari setelah melakukan sholat sunah lainnya.

Dengan melakukan niat, tata cara, doa, dan pelaksanaan sholat sunah Rajab sesuai dengan ajaran agama Islam, maka diharapkan bisa mendapatkan keberkahan dan pahala dari Allah SWT.

BACA JUGA:Jangan Sampai Salah, Ini 9 Dokumen pengajuan KUR Mandiri 2024, Ada KTP dan Rekening Listrik

Berikut adalah tata cara sholat sunah Rajab:

  1. Niat (niyyah): Niatkan sholat Rajab di dalam hati sebelum memulai sholat.
  2. Takbiratul Ihram: Setelah niat, ucapkan takbiratul ihram dengan mengangkat tangan sejajar dengan telinga dan mengucapkan "Allahu Akbar" (Allah Maha Besar).
  3. Membaca Al-Fatihah: Bacalah Surah Al-Fatihah setelah takbiratul ihram.
  4. Membaca Surah-Surah Pendek: Setelah Al-Fatihah, bacalah surah-surah pendek dari Al-Qur'an. Misalnya, Surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas.
  5. Ruku' (Rukuk): Setelah membaca surah, ruku' dengan meletakkan tangan di atas lutut, menjaga punggung tetap lurus, dan mengucapkan "Subhana Rabbiyal Azim" (Maha Suci Tuhanku yang Maha Agung) sebanyak tiga kali.
  6. Sujud (Sujud): Setelah ruku', sujud dengan meletakkan wajah, hidung, kedua tangan, kedua lutut, dan kedua ujung kaki di atas lantai. Sambil sujud, ucapkan "Subhana Rabbiyal A'la" (Maha Suci Tuhanku Yang Maha Tinggi) sebanyak tiga kali.
  7. Duduk di Antara Dua Sujud: Setelah sujud, duduk sebentar sebelum melakukan sujud kedua.
  8. Tahiyat Awal (Tasyahhud Awal): Duduk tawarruk dan ucapkan tahiyat awal, "At-Tahiyyatu lillahi was-salawatu wat-tayyibat. As-salamu 'alaika ayyuhan-Nabiyyu wa rahmatullahi wa barakatuhu. As-salamu 'alaina wa 'ala 'ibadillahis-salihin."
  9. Tashahhud Akhir (Tasyahhud Akhir): Lanjutkan dengan tashahhud akhir, "Ash-hadu an la ilaha illallah, wa ash-hadu anna Muhammadan 'abduhu wa rasuluh."
  10. Salawat (Doa Untuk Nabi): Ucapkan salawat untuk Nabi Muhammad SAW, seperti "Allahumma salli 'ala Muhammadin wa 'ala ali Muhammadin, kama sallaita 'ala Ibrahim wa 'ala ali Ibrahim, innaka Hamidun Majid."
  11. Doa dan Shalawat Tambahan: Pada tahap ini, Anda bisa berdoa untuk diri sendiri, keluarga, dan umat Islam secara umum. Juga, membaca shalawat tambahan seperti Shalawat Rajab.
  12. Salam: Sebagai penutup, berikan salam dengan menggerakkan kepala ke kanan dan ke kiri sambil mengucapkan salam, "Assalamu 'alaikum wa rahmatullah."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: