Iklan dempo dalam berita

Dijamin Cepat Sembuh, Hindari Makanan yang Tidak Boleh Dimakan saat Cacar Air

Dijamin Cepat Sembuh, Hindari Makanan yang Tidak Boleh Dimakan saat Cacar Air

Jenis makanan yang dilarang saat mengidap cacar air--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COMDijamin cepat sembuh, hindari makanan yang tidak boleh dimakan saat cacar air. Pasien yang terkena cacar air akan mengalami ruam seperti melepuh, yang pertama kali muncul di area wajah dan badan kemudian menyebar ke seluruh tubuh.

Meski sangat menular, tetapi penyakit ini tidak mengancam jiwa dan sebagian besar orang akan sembuh dalam waktu 1-2 minggu. 

Walau tidak menutup kemungkinan cacar air dapat menyebabkan komplikasi. Untungnya, risiko anak tertular cacar air bisa ditekan dengan pemberian vaksin cacar air atau vaksin varicella. 

BACA JUGA:Pinjaman Rp 25 dan 50 Juta KUR BRI 2024 Bisa Langsung Cair, Cermati 4 Strategi Lolos Pengajuan Berikut

Nah saat terkena cacar air, seseorang juga harus memperhatikan pola dan jenis makanannya, sama seperti penyakit lainnya, ada juga beberapa makanan yang harus di hindari saat terkena cacar air, seperti berikut.

Makanan yang harus dihindari saat cacar:

1. Makanan Tinggi Lemak Jenuh

Makanan dengan kandungan lemak jenuh tinggi, seperti daging atau susu full cream, adalah makanan pantangan pertama yang sebaiknya dihindari ketika anak sedang sakit cacar air. Makanan ini dapat meningkatkan peradangan pada tubuh, sehingga ruam yang dialami anak akan semakin parah dan proses penyembuhannya semakin lama.

BACA JUGA:Cara agar Cacar Air Cepat Kering dan Tidak Membekas, Salah Satunya dengan Air Kelapa

Selain menghindari konsumsi makanan pantangan ini, anak yang mengidap cacar air juga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang dingin untuk mengurangi rasa sakit pada tenggorokan. 

Jika ingin memberikan es krim atau milkshake pada anak, lebih baik pilih es krim dan susu yang rendah lemak atau bahkan tidak mengandung lemak sama sekali.

2. Makanan yang Mengandung Arginin

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang terkena cacar pertama adalah Arginin. Arigin adalah sejenis protein yang bisa memengaruhi proses replikasi virus cacar air di dalam tubuh. 

Sebuah penelitian menjelaskan bahwa asam amino arginin dapat memicu proses sintesis protein yang dimanfaatkan oleh virus untuk berkembang biak. Ketika virus penyebab cacar air bereplikasi, jumlah virus yang menginfeksi permukaan kulit menjadi semakin banyak, sehingga gejala pun jadi semakin parah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: