Iklan dempo dalam berita

Pastinya Membuat Tidak Nyaman, Lantas Berapa Hari Cacar Air Bisa Sembuh?

Pastinya Membuat Tidak Nyaman, Lantas Berapa Hari Cacar Air Bisa Sembuh?

Berapa hari cacar air akan sembuh?--

NASONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Pastinya membuat tidak nyaman, lantas berapa hari cacar air bisa sembuh? Cacar air disebabkan oleh virus Varicella zoster. Virus ini mudah menular melalui percikan ludah, atau kontak langsung dengan cairan yang berasal dari ruam.

Penyakit ini lebih rentan menyerang anak-anak usia di bawah 12 tahun. Beberapa faktor lain yang dapat meningkatkan risiko terkena cacar air adalah belum pernah menderita cacar air sebelumnya dan belum menerima vaksin cacar air.

Lantas, sebenarnya berapa hari waktu yang dibutuhkan untuk sembuh dari penyakit cacar air? Berikut ini penjelasan selengkapnya.

BACA JUGA:Bahannya Mudah DiDapat, Berikut 5 Bahan Alami Menghilangkan Bekas Cacar Air

Berapa hari cacar air sembuh:

1. Fase awal dan periode inkubasi

Penyakit cacar air disebabkan oleh virus varisela-zoster dan memiliki periode inkubasi sekitar 10-21 hari setelah terpapar virus. Gejala awal biasanya melibatkan demam, kelelahan, dan munculnya bintik-bintik merah kecil yang kemudian berkembang menjadi gelembung berisi cairan.

2. Fase pembentukan kulit

Selama beberapa hari pertama setelah munculnya bintik-bintik merah, gelembung-gelembung berisi cairan akan terus berkembang dan mulai mengering. Pada fase ini, kulit yang terkena cacar air mungkin terasa gatal dan memerlukan perhatian ekstra agar tidak terinfeksi oleh bakteri.

BACA JUGA:PT Mandiri Tunas Finance Kembali Buka Lowongan Kerja Januari 2024, Usia Maksimal 35 Tahun Bisa Daftar

3. Fase kerak dan kerak gugur

Setelah gelembung-gelembung mengering, mereka akan membentuk kerak. Proses pembentukan kerak bisa memakan waktu beberapa hari. Jadi jangan tergoda untuk menggaruk kerak, karena hal ini dapat meningkatkan risiko infeksi dan menyebabkan bekas luka.

Untuk gambaran umum, sebagian besar orang sembuh dari cacar air dalam waktu 1 hingga 2 minggu setelah munculnya gejala pertama. Namun, setiap individu dapat memiliki tingkat keparahan yang berbeda-beda, sehingga proses penyembuhan dapat bervariasi.  

BACA JUGA:Ini Perbandingan Angsuran Pinjaman Rp 25 Juta di KUR BNI dan BCA 2024, Cek Angsuran yang Ringan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: