Iklan dempo dalam berita

Siapkan Berkas Lamaran, di Seluma Bakal Berdiri 3 Unit Pabrik CPO Baru

Siapkan Berkas Lamaran, di Seluma Bakal Berdiri 3 Unit Pabrik CPO Baru

Siapkan Berkas Lamaran,di Seluma Bakal Berdiri 3 Unit Pabrik CPO Baru--

SELUMA, RBTVCAMKOHA.COM - Sejumlah investor yang bergerak di bidang pengolahan minyak kelapa sawit mulai berminat mendirikan pabrik CPO di Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu.

Seiring tingginya hasil panen komoditas kelapa sawit di Kabupaten Seluma. 

Dari data Dinas Pertanian Kabupaten Seluma, kelapa sawit yang merupakan primadona dan menjadi komoditas unggulan masyarakat di Kabupaten Seluma, hasil produksi per tahunnya yang mencapai 728.261 ton, dengan luas areal perkebunan kelapa sawit yang sudah menghasilkan, mencapai 182.784 hektare.

BACA JUGA:Dana Hibah 12 Parpol di Bengkulu Utara Naik, Segini Besarannya

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Seluma, Sudarman, SP mengatakan sejauh ini ada 3 investor yang perusahaannya mulai berminat berinvestasi di Kabupaten Seluma dengan mendirikan pabrik CPO baru. Pabrik CPO ini pasti membutuhkan tenaga kerja.

Ketiga perusahaan pabrik CPO yang saat ini telah survey dan melakukan pembebasan lahan yakni PT. Agra Sawit Indo (ASI) di Desa Sukabulan Kecamatan Talo Kecil yang pabriknya akan dibangun di atas lahan seluas kurang lebih 40 hektare.

BACA JUGA:15 Camat Dapat Mobil Dinas, Bupati: Jangan Sampai Nunggak

Kemudian PT. Seluma Sawit Lestari (SSL) di Kelurahan Sukaraja Kecamatan Sukaraja sekitar 25 hektare yang mulai dilakukan land clearing (pematangan lahan), dan PT. Mutiara Sawit Seluma (MSS) diatas lahan pabrik seluas 44 hektare di Desa Sendawar Kecamatan Semidang Alas Maras.

"Iya ada 3 unit pabrik CPO baru yang bakal berdiri di Kabupaten Seluma, yakni PT. ASI Desa Sukabulan Talo Kecil, PT. MSS di Desa Sendawar Kecamatan Semidang Alas Maras dan PT. SSL di Kelurahan Sukaraja Kecamatan Sukaraja dan semua lahannya sudah bebaskan," terang Sudarman.

Lanjutnya, dengan berdirinya 3 pabrik CPO baru di Kabupaten Seluma ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani, dengan harga TBS yang lebih kompetitif dengan pabrik CPO yang telah ada saat ini, yakni PT. Agri Andalas, PTPN VII unit Talo Pino (PT. CGG), PT. Agrindo Indah Persada dan PT. Bengkulu Sawit Lestari (BSL)

BACA JUGA:Seleksi Komisioner KPU Provinsi, 153 Pelamar Sudah Register di Siakba

Selain itu, dengan berdirinya pabrik CPO baru di Kabupaten Seluma, diklaim dapat mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Seluma.

 

(Hari Adiyono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: