Iklan dempo dalam berita

Keuangan Lebih Efektif dengan Kakeibo, Berikut 5 Cara dan Tips Mengatur Keuangan Ala Orang Jepang

Keuangan Lebih Efektif dengan Kakeibo, Berikut 5 Cara dan Tips Mengatur Keuangan Ala Orang Jepang

Tips mengatur keuangan Kakeibo ala orang Jepang--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Ingin mengelola finansial secara efektif? Berikut ada tips dan cara mengatur keuangan ala orang Jepang yang sering dikenal dengan sebutan Kakeibo

Metode ini sangat efektif dan cukup populer di kalangan ibu rumah tangga dan pekerja. Metode ini juga mendorong kesadaran emosional kita terhadap semua pengeluaran yang dilakukan.

Sehingga kita dapat mengambil keputusan untuk membeli hal yang diperlukan dan tidak membeli hal yang kurang diperlukan.

Menarik bukan? Nah, berikut ini ada 5 cara untuk mengelola keuangan ala orang Jepang atau yang dikenal dengan Kakeibo. Yuk, disimak sampai selesai,

BACA JUGA:Simulasi Cicilan KUR Bank Mandiri 2024 Pinjaman Rp50-200 Juta, Bunga 6 Persen per Tahun

Berikut 5 cara Kakeibo yaitu:

1. Catat penghasilan

Cara mengatur keuangan ala orang Jepang yang pertama yaitu mencatat penghasilan. Kamu bisa mulai mencatat setiap pendapatan yang diterima secara tetap, seperti pendapatan yang didapat pada awal bulan, pertengahan bulan, atau akhir bulan. 

Namun, bagaimana kalau penghasilan kamu tidak tetap? Kamu bisa menetapkannya dengan mengambil rata-rata penghasilan dalam satu bulan.

2. Langsung disisihkan untuk menabung

Apa kamu termasuk orang yang suka menabung dari sisa uang dalam satu bulan? Nah, kalau dalam teknik Kakeibo, kamu diwajibkan untuk menyisihkan uang setelah kamu mendapat penghasilan, dalam kata lain di awal bulan. 

BACA JUGA:Ini Prioritas Penerima KUR BRI 2024, Pinjaman Rp 45 Juta Cicilan Ringan

Kamu bisa menghitung jumlah pengeluaran pastimu setiap bulannya, kemudian tentukan berapa jumlah uang yang ingin ditabung. Idealnya, kita menyisihkan minimal 10% dari penghasilan untuk menabung.

3. Mencatat pengeluaran harian

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: