Iklan dempo dalam berita

Apa saja Bansos Cair di Awal Tahun 2024? Berikut Daftar dan Penerimanya

Apa saja Bansos Cair di Awal Tahun 2024? Berikut Daftar dan Penerimanya

Jenis bansos dan penerimanya untuk tahun 2024--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Pemerintah telah menyiapkan sejumlah bansos yang akan disalurkan pada awal tahun 2024 ini. Ada 5 jenis bansos yang dianggarkan pemerintah melalui Kemensos yang direncanakan sebesar Rp. 79,19 Triliun.

Kebijakan anggaran itu didasari atas keputusan Presiden Joko Widodo yang berencana menghapus kemiskinan ekstrem pada 2024, yang sejak Maret 2023 ada 1,12 persen masyarakat miskin ekstrem dari total penduduk.

Besaran anggaran itu naik dari perkiraan atau outlook anggaran Kementerian Sosial pada 2023 yang sebesar Rp 77,33 triliun. Mayoritas untuk 2024 diarahkan untuk program perlindungan sosial.

BACA JUGA:Bansos PIP 2024 Tahap 1 Segera Cair, Berikut Cara Cek Penerima dan Jumlah Bantuan yang Diterima

"Dari anggaran tersebut 98,57% atau Rp 78,06 triliun dialokasikan untuk program perlindungan sosial dan 1,43% atau Rp 1,13 triliun dialokasikan untuk program dukungan manajemen," dikutip dari Buku III RAPBN 2024.

Agar bansos tidak terputus dari tahun lalu ke tahun ini, pemerintah telah menyiapkan sejumlah bansos yang akan cair pada awal 2024. Berikut daftar lengkapnya.

1. BLT El Nino

Akibat musim kemarau berkepanjangan, pemerintah menyalurkan bantuan bernama Bantuan Langsung Tunai atau BLT El Nino ke 18,8 juta KPM. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan penyaluran BLT El Nino tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan daya beli masyarakat karena kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok. 

BACA JUGA:Ciptakan Getaran Baru Pasar Otomotif, Ini Review Spesifikasi dan Simulasi Kredit Pajero Sport 2024

Adapun, nilainya mencapai Rp 400.000 per KPM.

"BLT El Nino ini digunakan karena ada kenaikan barang, beras yang naik dikit, ini dipakai untuk nutup itu," ungkap Presiden beberapa waktu lalu.

Jokowi meyakini daya beli masyarakat akan meningkat setelah penyaluran BLT El Nino selesai dilakukan. 

Saat ini, penyaluran BLT El Nino masih terus dilakukan kepada sekitar 18 juta penerima manfaat.

"Setelah penyalurannya selesai akan kelihatan daya beli rakyat akan meningkat seperti apa," ungkap Presiden.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: