Iklan dempo dalam berita

Di Rumah Tikus Paling Senang di 3 Tempat Ini, Pastikan Rutin Dicek

Di Rumah Tikus Paling Senang di 3 Tempat Ini, Pastikan Rutin Dicek

3 tempat yang paling disukai tikus di rumah--

Dengan datangnya musim penghujan yang intensitas curah hujannya luar biasa ini penyakit pun mulai berdatangan apalagi ketika kondisi tubuh tidak prima, mulai dari influenza, batuk-batuk sampai demam berdarah.

Salah satu penyakit yang seringkali merebak di musim seperti ini adalah Leptospirosis, yang diakibatkan oleh bakteri Leptospira Sp.

Secara singkat, Leptospirosis adalah suatu penyakit zoonosis (yang dapat menular dari hewan ke manusia atau sebaliknya) , merupakan water borne disesase (ditularkan melalui air) yaitu urine dari penderita.

BACA JUGA:Tabel Simulasi KUR BRI 2024 Pinjaman Rp 100 Juta, Pengajuan Online Lebih Cepat dan Gratis Sampai September

Di negara kita, Leptospirosis paling sering terjadi melalui tikus pada saat banjir, karena pada saat banjir banyak air tergenang, sampah-sampah yang terbawa arus dan tanah yang becek yang menyebabkan bakteri Leptospira berkembang biak dengan mudahnya.

Gejala awal yang umum terjadi pada manusia yang terinfeksi Leptospira adalah demam, nyeri otot, muntah dan mata merah.

Beberapa gejala mirip selesma, sehingga menyulitkan diagnosa. Namun dalam kasus yang tidak tertangani Leptospirosis dapat melanjut menjadi parah yaitu syndrome weill ditandai jaundis, disfungsi ginjal, nekrosis hati, disfungsi paru-paru.

Untuk itu, tak perlu diragukan lagi, tikus harus segera disingkirkan dari dalam rumah.

Salah satu cara yang dapat dicoba adalah memanfaatkan kantong teh celup hingga pasta gigi. Pasta gigi mint juga sangat efektif mengusir tikus jika kita tahu dari mana sumber tikus tersebut masuk.

BACA JUGA:Jadi Pilihan Populer, Inilah Daftar Harga dan Simulasi Angsuran Kredit Xpander 2024

Yang harus diakukan adalah, mengoleskan pasta gigi dalam jumlah banyak di depan celah atau lubang tersebut. Atau kita bisa mengoleskannya ke papan atau lemari. Dijamin, tikus langsung lari dan tidak mau lagi mendekat. Selamat mencoba.

 

Nutri Septiana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: