Iklan dempo dalam berita

Gus Baha Ungkap Cara Merubah Uang Haram Menjadi Uang Halal, Ini yang Perlu Dilakukan

Gus Baha Ungkap Cara Merubah Uang Haram Menjadi Uang Halal, Ini yang Perlu Dilakukan

Gus Baha Ungkap Cara Merubah Uang Haram Menjadi Uang Halal, Ini yang Perlu Dilakukan--Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Penjelasan gus-baha tentang cara merubah uang haram menjadi uang halal menarik untuk disimak. Ulama ahli tafsir Al-Qur'an asal Rembang ini mengulasnya dari perspektif ilmu fiqih.

Seperti yang kita ketahui, dalam mencari nafkah, umat Islam diharuskan untuk berkerja di jalan yang halal.

BACA JUGA:Akibat Memakan Uang Haram Ketika di Dunia dan di Akhirat, Muslim Hati-hati, Kerap Terjadi Jelang Pemilu

Sebab rezeki yang diperoleh secara halal akan menjadi berkah yang membuat hidup seseorang tenteram. Namun menurut Gus Baha, dengan cara-cara sesuai syariat Islam ternyata rezeki yang haram bisa diubah menjadi halal.

BACA JUGA:Serangan Fajar Jelang Pemilu, Uang Haram Atau Halal? Buya Yahya Sampaikan Ini

Bagaimana caranya? Melansir dari ceramahnya, Gus Baha menerangkan bahwa salah satu cobaan tersulit yang harus manusia hadapi adalah uang haram atau hartanya orang fasik (menyimpang dari aturan Allah SWT).

“Ada orang biasa mabuk dan biasa main perempuan," kata Gus Baha.

Lalu orang tersebut sowan dan salam tempel padamu sebesar Rp 200 ribu. “Kalau kamu kembalikan nanti uangnya dia gunakan kembali untuk kefasikan," tambah dia.

BACA JUGA:Kata Gus Baha, Uang Haram bisa Menjadi Halal, Begini Caranya

Tapi kalau dipakai atau digunakan, khawatir ikut ketularan fasik seperti orang tersebut. “Maka rumus gampangnya adalah dermawan, kamu berikan pada fakir miskin atau masjid. Orang tidak mengerti kefasikan karena jika dipakai fakir miskin tetap jadi halal karena darurat," papar Gus Baha.

Namun kalau uang yang diberi orang fasik itu dipakai sendiri, maka akan tetap haram. Karena nantinya uang itu bukan digunakan untuk keperluan mendesak. “Dimakan sendiri haram, karena tidak terlalu mendesak," ujar dia.

Untuk itu, Gus Baha, berpesan kepada seluruh umat muslim, kalau ingin memiliki anak yang alim, makanan yang masuk ke dalam tubuh anak-anakmu harus uang hasil kerja kerasmu sendiri.

BACA JUGA:Amalan Pelaris Dagangan dari Gus Baha, Baca Sebelum Membuka Warung, Dijamin Pembeli Berdatangan

Doa agar Terhindar dari Harta Haram

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: