Iklan dempo dalam berita

Tak Sabar, Kapan Puasa Ramadan 2024? Berikut Jadwalnya dan Persiapan Penting Jelang Ramadhan

Tak Sabar, Kapan Puasa Ramadan 2024? Berikut Jadwalnya dan Persiapan Penting Jelang Ramadhan

Jadwal dan persiapan sebelum masuk bulan Ramadhan 2024--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Tak Sabar, kapan puasa Ramadan 2024? Berikut jadwalnya dan persiapan penting jelang Ramadhan.

Puasa Ramadan, sebuah periode yang begitu dinanti-nantikan oleh umat Islam di seluruh penjuru dunia setiap tahunnya, menjadi waktunya menjalani ibadah dengan penuh kesabaran dan ketekunan.

Ramadan adalah bulan kesembilan dalam kalender Hijriah. Pada bulan ini, umat muslim di seluruh dunia melakukan ibadah puasa, sebagai salah satu dari rukun Islam.

BACA JUGA:Selain Rukun Islam, Ternyata Ini 20 Manfaat Puasa Ramadhan untuk Kesehatan, Dapat Mencegah Kanker

Perintah melaksanakan puasa tercantum dalam QS. Al Baqarah: 183. Allah SWT berfirman:

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al Baqarah: 183).

Adapun perintah puasa di bulan Ramadan, tercantum dalam  QS Al Baqarah ayat 185.

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْققَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۗوَمَنْ كَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخخَرَ ۗيُرِيْدُ اللّٰهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَ ۖوَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ

“Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu serta pembeda (antara yang hak dan yang batil). Oleh karena itu, siapa di antara kamu hadir (di tempat tinggalnya atau bukan musafir) pada bulan itu, berpuasalah. Siapa yang sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya) sebanyak hari (yang ditinggalkannya) pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu dan tidak menghendaki kesukaran. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu agar kamu bersyukur.”

BACA JUGA:Muhammadiyah Sudah Tetapkan Jadwal Puasa Ramadhan, Kenapa Sering Berbeda dengan NU?

Dalam kurun waktu satu bulan penuh, umat Islam mengambil tantangan untuk menahan lapar dan dahaga sebagai bentuk pengendalian diri dan peningkatan spiritualitas.

Keberhasilan dalam mengatasi lapar dan dahaga menjadi puncak kebahagiaan, diikuti dengan merayakan hari kemenangan, yang lebih dikenal sebagai Idul Fitri.

Pertanyaan yang mungkin muncul di benak setiap individu: "Kapan puasa Ramadan dan Idul Fitri tahun 2024 dimulai?"

Pertanyaan tersebut mendapatkan jawaban melalui informasi resmi dan penjelasan yang dapat diandalkan. Berikut jadwal Puasa Ramadan-Idul Fitri versi Muhammadiyah dan Pemerintah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: