Iklan dempo dalam berita

Berikut Jadwal Rukyatul Hilal Kemenag Untuk Putuskan 1 Ramadhan

Berikut Jadwal Rukyatul Hilal Kemenag Untuk Putuskan 1 Ramadhan

Keputusan 1 ramadhan akan diputuskan dalam sidang isbat--

BENGKULU, RBTVCAMKOHA.COM - Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Ditjen Bimas Islam) Kementerian Agama akan menggelar Sidang Isbat (penetapan) awal Ramadan 1444 Hijriah pada Rabu 22 Maret 2023 nanti. 

"Seperti biasa, sidang isbat awal ramadan akan kita laksanakan setiap 29 Syakban. Tahun ini, bertepatan dengan hari Rabu 22 Maret 2023," ungkap Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, Adib.

BACA JUGA:Pencuri Ini Ditangkap di Atap Rumah. Padahal Baru 7 Bulan Bebas

Sidang isbat ini akan diawali dengan rukyatul hilal di 124 titik di Indonesia. Di Provinsi Bengkulu, rukyatul hilal akan digelar di gedung Mess Pemda Provinsi Bengkulu. 

BACA JUGA:Mobil Terbakar di  Batik Nau, Ini Hasil Penyelidikan Sementara Polisi

Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu akan mengundang ormas islam, Kemenag kabupaten dan kota serta pemerintah daerah. Kanwil Kemenag Provinsi juga akan menggandeng Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) saat pelaksanaan rukyatul hilal.

BACA JUGA:ASN Kepahiang Mundur, Alasannya Bikin Geleng Kepala

Hasil rukyatul hilal tingkat provinsi akan disampaikan ke Kemenag pusat dan menjadi acuan sidang Isbat penetapan awal ramadhan. 

BACA JUGA:Masih Dirawat, Begini Kondisi Bocah Tertimpa Pohon Karet di Bengkulu Utara

Sementara itu dari Muhammadiyah, melalui maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menetapkan 1 ramadhan dan 1 syawal. Penetapan ini dilakukan melalui perhitungan hisab.

Satu ramadhan ditetapkan jatuh pada 23 Maret 2023 sedangkan 1 syawal pada 21 April 2023. 

 

Siska Harliana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: