Iklan dempo dalam berita

Ramadhan Sebentar Lagi! Berikut 10 Tradisi Jelang Ramadhan di Indonesia

Ramadhan Sebentar Lagi! Berikut 10 Tradisi Jelang Ramadhan di Indonesia

Tradisi masyarakat Indonesia menjelang ramadhan--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Ramadhan sebentar lagi! Berikut 10 tradisi jelang ramadhan di Indonesia.

Dalam beberapa hari lagi, bulan Ramadan akan segera tiba, dan seluruh umat Islam di dunia akan menyambutnya dengan sukacita.

Tradisi menyambut Ramadan yang beragam juga akan terlihat di berbagai daerah di Indonesia, menciptakan keragaman budaya yang khas dan memberi warna tersendiri dalam perayaan suci umat Islam ini.

BACA JUGA:Cara Daftar Bansos dan Cara Cek Penerima Bansos 2024 Mudah Lewat HP

Menurut sebuah hadits, Ramadan adalah bulan yang penuh berkah. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda,

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ الله صلى الله عليه وسلم- « أَتَاكُمْ رَمَضَانُ شَهْرٌ مُبَارَك فرض الله عَزَّ وَجَلَّ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ

Artinya: "Telah datang kepada kalian Ramadhan bulan penuh berkah (syahrun mubarokun), Allah Azza wa Jalla telah mewajibkan atas kalian berpuasa padanya." (HR An-Nasai dan dishahihkan oleh Al-Albani di dalam Kitab Shahih Al-Jami')

Ramadan menjadi bulan yang sangat dinantikan oleh seluruh umat Islam di dunia, mengingat hanya datang sekali dalam setahun maka para muslim tidak ingin melewatkannya begitu saja tanpa memberikan sambutan yang luar biasa.

BACA JUGA:Penerima Bansos Siap-siap, Ini Daftar 4 Bansos akan Cair Bulan Maret Ini, Cek Nama Kamu Segera

Berikut tradisi jelang ramadhan di Indonesia:

1. Tradisi Megengan di Surabaya

Di Surabaya, tradisi Megengan telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam menyambut bulan puasa. Acara kecil-kecilan ini diadakan sebagai tanda datangnya Ramadan dan biasanya diselenggarakan di masjid, mushola, atau tempat berkumpul lainnya. 

Beragam menu disajikan dalam Megengan, tetapi kue apem menjadi elemen yang tak terpisahkan. 

Konon, kue apem dianggap sebagai simbol penyucian diri sebelum memasuki bulan suci Ramadan, dengan kata "apem" dipercaya berasal dari bahasa Arab "afwan" yang berarti maaf.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: