Iklan dempo dalam berita

Bahagia Sambut Ramadhan, Ini Bacaan Niat Sahur dan Buka Puasa Sesuai Sunnah

Bahagia Sambut Ramadhan, Ini Bacaan Niat Sahur dan Buka Puasa Sesuai Sunnah

Bacaan niat sahur dan buka puasa bulan ramadhan--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COMBahagia sambut Ramadhan, ini bacaan niat sahur dan buka puasa sesuai sunnah.

Puasa adalah menahan diri dari berbagai hal yang dapat membatalkannya. Waktu puasa dimulai dari waktu Subuh sampai terbenamnya matahari (waktu Maghrib). Puasa merupakan rukun islam yang ketiga.

Di bulan suci Ramadan ini, kita akan melaksanakan puasa Ramadan selama satu bulan penuh. Ada dua hal yang menjadi anjuran Rasulullah SAW sebagai penunjang aktivitas puasa, yaitu waktu sahur dan berbuka. Keduanya merupakan cara untuk mengisi energi sebelum ataupun setelah menunaikan puasa.

BACA JUGA:Resmi Diluncurkan, Berikut Spesifikasi dan Harga Yamaha Mio 155, Tampilan Modern Mesin Tercepat

Nabi Muhammad SAW mengatakan bahwa sahur adalah suatu keutamaan ketika berpuasa. Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk melaksanakannya. Hal tersebut didukung hadits yang diriwayatkan oleh Abu Sa’id Al-Khudri RA, yang berbunyi:

“Sahur sepenuhnya mengandung berkah. Maka dari itu, jangan kalian meninggalkannya meskipun kalian hanya meminum seteguk air karena Allah dan malaikat bershalawat untuk mereka yang bersahur.” (H.R. Ahmad.)

Sebelum berpuasa, tentunya kita harus membaca niat. Hal ini dilakukan agar ibadah puasa yang kita lakukan sah. Berikut ini adalah bacaan doa pada saat sahur dan buka puasa lengkap dengan artinya:

Sebelum makan hendaknya membaca basmalah terlebih dahulu. Seperti yang dijelaskan dalam hadits berikut ini:

BACA JUGA:Kredit Motor CRF DP Rp 5 Juta, Angsuran Bisa Pilih 11-35 kali Bayar, Ini 25 Spesifikasinya

"Apabila salah seorang di antara kalian makan, hendaklah ia menyebut nama Allah Ta'ala. Dan jika ia lupa, hendaklah ia membaca "Bismilaahi awalahu wa aakhirahu," (HR. Tirmidzi dan Abu Dawud).

Doa Sahur

“Yarhanullaahul mutasahhiriin”

Artinya: "Semoga Allah menurunkan rahmat-Nya bagi mereka yang bersahur."

Doa Sebelum Makan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: