Iklan dempo dalam berita

Harga Bitcoin Melonjak Tajam hingga Rp 1 Miliar, Ternyata Ini Penyebabnya

Harga Bitcoin Melonjak Tajam hingga Rp 1 Miliar, Ternyata Ini Penyebabnya

Dua penyebab harga bitcoin melonjak tajam--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COMHarga Bitcoin melonjak tajam hingga Rp 1 miliar, ternyata ini penyebabnya.

Bitcoin adalah mata uang digital peer-to-peer terdesentralisasi yang didukung oleh para pengguna tanpa otoritas pusat atau perantara.

Pada awal pekan lalu, harga Bitcoin tembus 65.000 dollar AS (sekitar Rp 1,024 miliar) per keping koin. Nah, untuk awal pekan ini, harga Bitcoin Kembali merangkak hingga 67.500 dollar AS (sekitar Rp 1,063 miliar). 

Kenaikan harga Bitcoin yang terus melonjak ini pun membuat para pengamat memprediksi, harga Bitcoin akan memecahkan rekor baru pada pekan ini. 

BACA JUGA:Harga Bitcoin Melonjak Tinggi! Kenapa Investor Kelas Kakap, Lo Kheng Khong Ogah Beli Crypto? Ternyata Ini Alas

Lantas, apa yang penyebab harga Bitcoin naik drastis dalam kurun sepekan ini? 

Dilansir dari beberapa sumber, ada dua faktor yang membuat harga Bitcoin naik drastis. Pertama karena Exchange-Traded Funds (ETF) Bitcoin spot. Kedua, karena peristiwa "halving day" yang akan berlangsung sekitar 19 April atau 20 April 2024 mendatang. 

ETF Bitcoin spot 

ETF Bitcoin spot merupakan kumpulan aset yang berfungsi seperti reksa dana. ETF biasa umumnya berisi portofolio saham, obligasi, atau komoditas. 

Sementara ETF kripto yang disetujui AS ini berisi aset kripto, mulai dari Bitcoin, Ethereum, hingga altcoin lainnya. ETF Bitcoin ini terdaftar dan diperdagangkan di bursa Nasdaq, NYSE, dan CBOE.

Dengan begitu, investor dapat dengan mudah membeli dan menjualnya, termasuk melacak pergerakan harga. 

BACA JUGA:Pinjaman BNI Online Langsung Cair hingga Rp 500 Juta, Begini Cara Mengajukannya

Secara umum, terdapat 11 instrumen ETF Bitcoin spot yang disetujui SEC dan resmi diperdagangkan sejak Januari lalu, yaitu: 

1. Bitwise (BITB) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: