Iklan dempo dalam berita

Sama-sama Tercakup Dalam Qiyamullail, Ini Perbedaan Shalat Tarawih dan Tahajud

Sama-sama Tercakup Dalam Qiyamullail, Ini Perbedaan Shalat Tarawih dan Tahajud

Perbedaan shalat tarawih dan tahajud--

Shalat tarawih pada masa Nabi SAW hanya dilakukan secara berjamaah di masjid Nabawi, dan dilakukan selama tiga kali. 

Namun, semakin banyak sahabat yang mengikutinya, hingga akhirnya Rasulullah SAW menghentikannya. Alasannya adalah karena khawatir tarawih akan diwajibkan, yang akan memberatkan umat Islam.

Tidak ada informasi yang jelas apakah Rasulullah SAW melaksanakan tarawih secara pribadi di rumah. Sebaliknya, shalat tahajjud dilakukan oleh beliau setiap malam, tanpa pernah dihentikan. 

Bahkan, shalat tahajjud dianggap wajib bagi beliau, yang dilakukan dengan konsistensi tanpa memandang bulan Ramadhan atau di luar bulan Ramadhan.

BACA JUGA:Menggugah Selera, Ini 2 Resep Sate Nusantara Spesial yang Wajib Dicoba! Cocok untuk Keluarga

3. Perbedaan ketiga yaitu tarawih hanya di bulan ramadhan

Tarawih hanya disyariatkan dan dilaksanakan di bulan Ramadhan, sedangkan shalat tahajjud bisa dilakukan kapan saja di luar bulan Ramadhan. 

Di luar bulan Ramadhan, shalat yang disunnahkan adalah shalat tahajjud dan shalat witir. Tahajjud dilakukan setelah tidur malam, sementara shalat witir bisa dilakukan sebelum tidur. Namun, shalat witir tetap berbeda dengan tarawih.

4. Perbedaan keempat tarawih berjamaah di masjid

Tarawih dilakukan secara berjamaah di masjid, dengan jumlah jamaah yang sangat banyak, bahkan hingga memenuhi masjid Nabawi pada masa itu.

Alasan penghentian tarawih salah satunya adalah karena jumlah jamaah yang semakin banyak, yang membuat Rasulullah SAW khawatir tarawih akan diwajibkan oleh Allah SWT.

BACA JUGA:Pilihan Terbaik untuk Keluarga Bahagia, Begini Spesifikasi dan Simulasi Kredit Toyota Calya 2024

Di sisi lain, shalat tahajjud, meskipun boleh dilakukan secara berjamaah, Rasulullah SAW lebih sering melakukannya sendirian, baik di rumah (seperti kamar Aisyah) maupun di masjid. 

Meskipun ada beberapa sahabat yang menjadi makmum, jumlahnya sangat sedikit dan tidak ada catatan bahwa shalat tahajjud yang dilakukan oleh Rasulullah SAW diikuti oleh banyak orang di satu masjid.

5. Perbedaan kelima tarawih sebelum tidur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: