Iklan dempo dalam berita

Amalan yang Paling Disukai Allah SWT! Ini Keutamaan Membaca Al-Qur’an di Bulan Ramadhan

Amalan yang Paling Disukai Allah SWT! Ini Keutamaan Membaca Al-Qur’an di Bulan Ramadhan

Keutamaan baca al quran selama bulan ramadhan--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Amalan yang paling disukai Allah SWT! Ini keutamaan membaca Al-Qur’an di bulan ramadhan.

Bulan Ramadhan bulan turunnya Al-Qur’an, bulan yang mulia dan sangat ditunggu-tunggu seluruh umat muslim di dunia.

Pada bulan Ramadhan banyak umat Muslim yang mengisi waktu dengan membaca Al-Qur’an. Selain karena Ramadhan adalah bulan turunnya Al-Quran, juga karena pada bulan mulia ini semua amal ibadah pahalanya berlipat ganda.

BACA JUGA:Pinjam Modal Usaha Lauk Instan untuk Bulan Ramadhan, Begini Cara Pengajuan dan Syarat KUR Mandiri 2024

Bulan Ramadhan menjadi waktu rutinan Nabi Muhammad saw untuk bertadarus Al-Qur’an kepada Malaikat Jibril. Dalam hadits riwayat Ibnu ‘Abbas dijelaskan:

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْوَدَ النَّاسِ وَكَانَ أَجْوَدُ مَا يَكُونُ فِي رَمَضَانَ حِينَ يَلْقَاهُ جِبْرِيلُ وَكَانَ يَلْقَاهُ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ فَيُدَارِسُهُ الْقُرْآنَ فَلَرَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْوَدُ بِالْخَيْرِ مِنْ الرِّيحِ الْمُرْسَلَةِ

Artinya “Dari Ibnu Abbas berkata: Rasulullah saw adalah manusia yang paling lembut terutama pada bulan Ramadhan ketika malaikat Jibril as menemuinya, dan adalah Jibril mendatanginya setiap malam di bulan Ramadhan, dimana Jibril mengajarkannya Al-Qur’an. Sungguh Rasulullah saw orang yang paling lembut daripada angin yang berhembus (HR Bukhari)”.

Berikut keutamaan membaca Al-Qur'an di bulan Ramadhan:

1. Pahala Berlipat Ganda

Seseorang yang rutin membaca Al-Qur’an akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Dari Aisyah ra, Rasulullah SAW bersabda, "Yang mahir membaca Al-quran bersama malaikat yang terhormat dan yang membaca Al-quran sedangkan ia terbata-bata serta mengalami kesulitan, maka baginya dua pahala." (HR. Bukhari dan Muslim)

BACA JUGA:Ramadhan Penuh Berkah! Ini 9 Amalan di Bulan Ramadhan untuk Menambah Pahala

Selain itu, Rasulullah SAW bersabda sebagai berikut: "Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur’an maka ia akan mendapat satu kebaikan dan dari satu kebaikan itu berlipat menjadi sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan alif lam mim sebagai satu huruf. Akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf." (HR. Bukhari).

2. Terhindar dari Godaan Setan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: