Iklan dempo dalam berita

Korupsi di RSUD Mukomuko Terstruktur dan Berjamaah, Apa Benar Isu Ada Keterlibatan Mantan Bupati?

Korupsi di RSUD Mukomuko Terstruktur dan Berjamaah, Apa Benar Isu Ada Keterlibatan Mantan Bupati?

Korupsi di RSUD Mukomuko Terstruktur dan Berjamaah, Apa Benar Isu Ada Keterlibatan Mantan Bupati?--

MUKOMUKO, RBTVCAMKOHA.COM - Dua tahun berproses, akhirnya pengusutan adanya dugaan korupsi di RSUD Mukomuko tuntas. Kamis (14/3) malam, penyidik Kejari Mukomuko akhirnya menetapkan tujuh orang sebagai tersangka.

BACA JUGA:Perkara Korupsi Asrama Haji, Kontraktor dan Broker Proyek Divonis Hakim PN Bengkulu 4 Tahun Penjara

Kasi Pidana Khusus Kejaksaan Mukomuko Agung Malik Rahman Hakim saat konfrensi pers menyatakan, dugaan tindak pidana korupsi ini dilakukan secara berjamaah dan terstruktur sesuai periode jabatan masing-masing para tersangka.

BACA JUGA:Korupsi di RSUD Mukomuko Rugikan Negara 4,8 Miliar, 7 Pejabat RSUD Dijadikan Tersangka Oleh Kejari Mukomuko

Pengungkapan perkara ini berawal dari adanya utang obat RSUD dan merembet ke dana seluruh kegiatan yang sumber dananya beradal dari BLUD RSUD Mukomuko tahun anggaran 2016-2021.

Penyidik menemukan banyak kejanggalan penggunaan anggaran. Mulai dari kegiatan fiktif, mark up, dan kegiatan yang dijalankan tanpa melengkapi SPJ.

Dari hasil audit APIP Kejati Bengkulu, keluarlah angka kerugian negara sebesar Rp 4,8 miliar.

BACA JUGA:Sepaket, Satnarkoba Polresta Bengkulu Tangkap 2 Tersangka dengan BB 31 Paket SS

Sejak penyidik Pidsus Kejari Mukomuko mulai melakukan pengusutan pada tahun 2022 lalu, ratusan saksi mulai dari pihak Rumah Sakit sudah dimintai keterangan, termasuk pihak perusahaan atau distributor obat selaku pemasok obat-obatan ke RSUD.

BACA JUGA:5 Resep Nasi Goreng Mancanegara, Khas dan Punya Cita Rasa yang Menggugah Selera, Cocok untuk Sajian Buka Puasa

Akibat dari perbuatan melawan hukum para tersangka ini, akhirnya berdampak dengan pelayanan di RSUD Mukomuko, seperti adanya kekosongan obat serta alat kesehatan lainnya, termasuk berdampak kepada pembayaran gaji nakes yang sering telat.

BACA JUGA:Resep Olahan Udang ala Chinese Food Resto dengan Cita Rasa Bumbu yang Khas dan Lezat, Cocok untuk Sahur

Dua tahun berproses, ternyata tersiar isu yang berkembang di Kabupaten Mukomuko adanya keterlibatan mantan Bupati Mukomuko Choirul Huda periode 2014-2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: