Iklan dempo dalam berita

Pertamina Ganti Pertalite yang Dihapus dengan Bensin Baru RON 92 dan 95, Apa Itu Istilah RON dalam BBM?

Pertamina Ganti Pertalite yang Dihapus dengan Bensin Baru RON 92 dan 95, Apa Itu Istilah RON dalam BBM?

Apa itu istilah RON dalam BBM?--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Pertamina ganti Pertalite yang dihapus dengan bensin baru RON 92 dan 95 yang aman untuk kendaraan, sebenarnya apa itu istilah RON dalam BBM? 

Pertamax Green, sebagai inovasi terbaru dari PT Pertamina, diperuntukkan sebagai jenis bahan bakar minyak (BBM) Tertentu (JBT) atau BBM subsidi, serta masuk ke dalam kategori BBM Khusus Penugasan (JBKP). 

Nicke Widyawati menegaskan bahwa jika Pertamax Green menggantikan Pertalite, harga bensin ini tidak akan ditentukan oleh pasar, melainkan akan melibatkan mekanisme subsidi atau kompensasi yang telah diatur. 

BACA JUGA:Jangan Khawatir! Begini Cara Melaporkan Perusahaan yang Tidak Bayar THR Karyawan

Penggantian Pertalite dengan Pertamax Green merupakan bagian integral dari Program Langit Biru tahap kedua, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas udara dan mengurangi emisi karbon.

Dengan kualitas yang jauh lebih baik daripada Pertalite, Pertamax Green menjadi pilihan utama dalam upaya menjaga keberlanjutan lingkungan.

Apabila implementasi penggantian ini telah dilakukan, PT Pertamina hanya akan menjual tiga jenis BBM, yaitu Pertamax Green 92, Pertamax Green 95, dan Pertamax Turbo.

Pertamax Green 92 merupakan campuran bensin dengan nilai oktan RON 90 yang dicampur dengan 7 persen etanol, sementara Pertamax Green 95 merupakan campuran bensin Pertamax dengan 8 persen etanol.

BACA JUGA:THR Tidak Dibayar? Laporkan! Ini Sanksi untuk Perusahaan Tidak Bayar THR Karyawan

Dengan formulasi ini, Pertamina menawarkan dua produk bensin ramah lingkungan yang disebut sebagai "green gasoline", "green energy", atau "low carbon".

Dalam memilih bahan bakar untuk kendaraan, perlu dilakukan dengan cermat karena tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

Setiap mobil memiliki jenis kompresi mesin yang berbeda, dan pemilihan bahan bakar harus disesuaikan dengan tingkat RON yang direkomendasikan dalam buku panduan manual agar kendaraan dapat mencapai performa mengemudi yang optimal.

Nilai atau tingkat oktan, yang dikenal sebagai RON (Research Octane Number), adalah ukuran stabilitas kandungan bahan bakar.

BACA JUGA:Pertalite akan Dihapus, Pertamina Siapkan Gantinya, Ini Perbedaan Pertamax Green 92 dengan Pertalite

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: