Iklan dempo dalam berita

Ini Orang yang Pertama kali Keluar dari Neraka dan Masuk Surga

Ini Orang yang Pertama kali Keluar dari Neraka dan Masuk Surga

Orang yang pertama keluar dari neraka dan masuk surga--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Ini orang yang akan keluar dari neraka pertama kali lalu masuk Surga.

Sebagaimana dijelaskan dalam hadis-hadis Nabi saw, setiap orang yang teguh dalam iman kepada Allah dan Rasul-Nya dipastikan untuk masuk surga, meskipun perjalanan menuju ke sana tidak selalu terjadi dalam sekejap mata.

Ada yang mungkin harus mengalami rentang waktu di dalam neraka sebagai bentuk pemurnian dari dosa-dosa masa lalu, sebelum akhirnya Allah mengangkat mereka ke dalam surga sebagai balasan atas kesetiaan dan keimanan mereka.

BACA JUGA:Bakalan Ada Diskon Tarif Tol, Ini Rencana Tarif Tol Mudik Lebaran serta Rincian Tarif Tol Trans Jawa

Berdasarkan hadis berikut:

عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ رَضِي اللهُ عَنْه عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ يَدْخُلُ أَهْلُ الْجَنَّةِ الْجَنَّةَ وَأَهْلُ النَّارِ النَّارَ ثُمَّ يَقُولُ اللهُ تَعَالَى أَخْرِجُوا مِنَ النَّارِ مَنْ كَانَ فِي قَلْبِهِ مِثْقَالُ حَبَّةٍ مِنْ خَرْدَلٍ مِنْ إِيمَانٍ فَيُخْرَجُونَ مِنْهَا قَدِ اسْوَدُّوا فَيُلْقَوْنَ فِي نَهَرِ الْحَيَا أَوِ الْحَيَاةِ شَكَّ مَالِكٌ فَيَنْبُتُونَ كَمَا تَنْبُتُ الْحِبَّةُ فِي جَانِبِ السَّيْلِ أَلَمْ تَرَ أَنَّهَا تَخْرُجُ صَفْرَاءَ مُلْتَوِيَةً قَالَ وُهَيْبٌ حَدَّثَنَا عَمْرٌو الْحَيَاةِ وَقَالَ خَرْدَلٍ مِنْ خَيْرٍ. [رواه البخاري: 21 ومسلم: 270]

Artinya: “Dari Abu Sa’id al-Khudri ra, dari Nabi saw, ia bersabda: Penghuni surga akan masuk surga dan penghuni neraka akan masuk neraka, kemudian Allah ta’ala memerintahkan: Keluarkan dari neraka orang-orang yang dalam hatinya ada iman seberat biji sawi. Maka dikeluarkanlah mereka dari neraka yang warna (badannya) benar-benar hitam, lalu dimasukkan kedalam sungai hidup atau sungai kehidupan, lalu tumbuhlah mereka seperti biji yang tumbuh setelah air bah, adakah engkau tidak melihatnya, sesungguhnya ia keluar bewarna kuning yang melilit.” [HR. al-Bukhari dan Muslim]

Manusia akan melewati proses panjang di Padang Mahsyar. Di Padang Mahsyar manusia akan menerima catatan amalnya selama di dunia, kemudian dihitung dan ditimbang.

Setelah itu, manusia akan dimasukkan ke surga dan neraka sesuai amalannya selama di dunia.

Menurut Habib Hasan bin Ismail Al Muhdor, ada orang yang masuk surga tanpa hisab dan ada pula yang harus masuk neraka terlebih dahulu.

BACA JUGA:Ciri Pinjol Sebar Data Seperti Apa? Ini 7 Ciri yang Harus Diwaspadai serta 8 Tips Menghindarinya

Setelah melewati proses peleburan dosa di neraka, barulah dimasukkan ke surga. Tentu orang yang masuk ke surga adalah orang yang beriman.

Lantas siapa orang yang akan keluar dari neraka pertama kali lalu masuk Surga?

Penghuni neraka yang pertama keluar kemudian masuk surga adalah orang yang pernah mengucapkan La ilaha illa Allah, dikutip dari buku Surga dan Neraka karya Syaikh Umar Sulaiman Al-Asyqar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: