Iklan dempo dalam berita

Kepada Siapa Sedekah Terbaik dan Paling Utama? Berikut Urutannya Berdasarkan Al-Qur’an dan Hadist

Kepada Siapa Sedekah Terbaik dan Paling Utama? Berikut Urutannya Berdasarkan Al-Qur’an dan Hadist

Sedekah terbaik dan paling utama --foto:ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Kepada siapa sedekah terbaik dan paling utama? berikut urutannya berdasarkan Al-Qur’an dan hadist

Sedekah sebagai salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam agama Islam, bukan hanya menjadi tanda keimanan seseorang, tetapi juga memiliki kemampuan untuk membersihkan harta dan melancarkan rezeki. 

Melalui sedekah, seseorang dapat menolong sesama umat manusia, baik itu keluarga, saudara, kerabat, ataupun orang terdekat, yang pada gilirannya menjadi amalan yang berbuah pahala.

Namun tak hanya perkara memberi, orang yang menerima sedekah kerap kali menimbulkan pertanyaan. Siapakah yang paling utama untuk menerima sedekah?

BACA JUGA:Mudah dan Praktis, Begini Cara Mengubah Data Kendaraan di MyPertamina

Berikut urutan orang-orang yang paling utama menerima sedekah berdasarkan Al-Quran dan hadit Nabi Muhammad Saw:

1. Keluarga Terdekat

Abu Daud meriwayatkan bahwa Rasulullah Saw bersabda, “Bersedekahlah engkau! (seorang lelaki bertanya pada Nabi) Aku punya satu dinar. (Nabi menjawab) Pergunakanlah itu untuk dirimu sendiri! (Lelaki bertanya lagi). Aku punya satu dinar lagi. (Nabi menjawab). Gunakanlah untuk istrimu! (Lelaki kembali bertanya). Aku punya satu dinar lagi! (Nabi menjawab). Gunakanlah untuk anak-anakmu! (Lelaki berkata) Aku masih punya satu dinar lagi! (Nabi menjawab) Gunakanlah untuk pelayanmu! (Lelaki berkata lagi) Aku punya satu dinar lagi! (Nabi berkata) Terserah kepadamu, engkau lebih tahu menggunakannya.”

Berdasakarkan hadis Rasulullah Saw di atas, dapat disimpulkan bahwa penerima sedekah yang paling pertama dan utama adalah keluarga. Sebelum memberikan sedekah kepada orang lain yang membutuhkan, tengok terlebih dahulu keluarga Anda. Apabila keluarga Anda, dimulai dari istri, lalu anak-anak, atau keluarga di sekitar Anda membutuhkan, maka mereka adalah orang-orang utama yang berhak menerima sedekah.

BACA JUGA:7 Keutamaan Sedekah Subuh, Salah Satunya Keinginan Mudah Terpenuhi

2. Tetangga Terdekat

Diriwayatkan oleh Imam Muslim, Nabi Muhammad Saw bersabda: “Dia tidak akan masuk surga yang tetangganya tidak aman dari perbuatannya yang zalim.”

Rasulullah Saw menganjurkan umatnya agar melindungi dan membuat tetangga mereka merasa aman dan nyaman. 

Perintah itu juga meliputi soal bersedekah. Maka apabila tetangga terdekat kita membutuhkan bantuan, kita wajib menjadi penolongnya, dengan cara-cara yang baik. Namun, mengapa tetangga terdekat terlebih dahulu yang harus ditolong? Karena, Nabi Saw pernah bersabda:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: