Iklan dempo dalam berita

Kalian Wajib Tahu! Ini Penyebab Hilangnya Pahala Puasa Ramadhan

Kalian Wajib Tahu! Ini Penyebab Hilangnya Pahala Puasa Ramadhan

Penyebab hilangnya pahala puasa ramadhan--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Kalian wajib tahu! ini penyebab hilangnya pahala puasa Ramadhan.

Pahala puasa Ramadhan adalah kemuliaan yang banyak dikejar saat bulan ini tiba. Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh kemuliaan.

Pada bulan ini, umat Muslim berlomba-lomba mencari kebaikan untuk mendapatkan pahala puasa Ramadhan. Pada bulan Ramadan, pahala puasa Ramadhan dilipatkan amat banyak.

“Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman: “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.” (HR. Bukhari no. 1904, 5927 dan Muslim no. 1151)

BACA JUGA:Berikut Golongan yang Tidak Berhak Bayar Zakat Fitrah dan Golongan Orang yang Wajib Bayar Zakat

Makna dari hadis di atas adalah Rasulullah mengatakan bahwa setiap amalan kebaikan manusia akan dilipat gandakan pahalanya 10 kali lipat bahkan hingga 700 kali lipat. 

Namun, hal ini berbeda dengan amalan puasa. Pahala dalam puasa tidak dilipat gandakan dengan cara tersebut. 

Melainkan, pahala pada orang yang berpuasa akan dilipatgandakan menjadi tak terhingga oleh Allah.

Hal ini karena, dalam berpuasa manusia berusaha untuk meninggalkan segalah syahwat karena Allah semata. Allah juga begitu memuliakan orang yang berpuasa sehingga diibaratkan bau mulut orang yang berpuasa lebih harum dari bau minyak kasturi.

Namun, ada hal yang menyebabkan hilangnya pahala ramadan. Berikut hal-hal yang harus dihindari karena dapat mengurangi pahala puasa.

BACA JUGA:Kumpulkan Poin dengan Cara Beli Produk Pertamina, Begini Cara Daftar Mypertamina

1. Mengeluh lapar dan haus

Bulan puasa adalah waktu yang diperuntukkan untuk menguji kesabaran dan keteguhan hati dalam menjalankan perintah Allah. Oleh karena itu, umat Muslim disarankan untuk tidak mengeluh terhadap rasa lapar dan haus yang dirasakan selama berpuasa. 

Sebaliknya, mereka diajak untuk merenungkan dan bersyukur atas berkah yang telah diterima, serta mengambil hikmah dari kesengsaraan yang dirasakan oleh orang lain yang mungkin mengalami keterbatasan pangan sepanjang hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: