Iklan dempo dalam berita

Cek Daftar Lengkap Moda Kemenhub Mudik Gratis 2024 Naik Kapal, Bus dan Kereta Api

Cek Daftar Lengkap Moda Kemenhub Mudik Gratis 2024 Naik Kapal, Bus dan Kereta Api

Cara dan syarat daftar mudik gratis Kemenhub--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Cek daftar lengkap moda Kemenhub mudik gratis 2024 naik kapal, bus dan kereta api.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah meluncurkan program mudik gratis Lebaran 2024 yang mencakup penggunaan moda transportasi laut, darat, dan kereta api. Dalam perkembangan terbaru, pendaftaran untuk mudik gratis menggunakan kapal laut telah dibuka. 

Melalui program ini, Kemenhub telah mengalokasikan kuota sebanyak 47.194 tiket mudik gratis. Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub, Capt. Antoni Arif Priadi, menyampaikan bahwa program mudik gratis Lebaran ini direncanakan akan dilaksanakan mulai tanggal 25 Maret hingga 9 April 2024 untuk arus mudik, sementara arus balik direncanakan akan berlangsung dari tanggal 12 April hingga 25 April 2024.

BACA JUGA:Kemenhub Tambah 10.000 Kursi Bus untuk Mudik Gratis 2024, Catat Jadwal dan Cara Daftarnya

Selain itu, program ini juga mencakup pelayanan untuk 47 ruas perjalanan dengan total keberangkatan arus mudik dan balik mencapai 91 perjalanan. 

Kemenhub juga membuka kuota Mudik Gratis 2024 khusus bagi para pengguna sepeda motor yang menggunakan moda transportasi kapal laut dan kereta api.

1. Mudik Gratis Kemenhub 2024 Naik Kereta Api

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga menyelenggarakan program mudik gratis menggunakan moda transportasi kereta api atau disebut sebagai Motis Lebaran 2024.

Pendaftaran untuk program mudik gratis ini telah dibuka sejak tanggal 4 Maret 2023 dan akan berlangsung hingga tanggal 18 April 2024. 

BACA JUGA:Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 66 Segera Dibuka, Berikut Jadwal dan Syarat Pendaftarannya

Melalui program ini, para pemudik dapat menikmati perjalanan dengan kereta api (KA) dengan tarif yang sangat terjangkau, berkisar antara Rp10.000 hingga Rp20.000, sementara pengangkutan sepeda motor dengan kereta api akan diberikan secara gratis.

Untuk tahun ini, Kemenhub telah menyiapkan kuota sebanyak 28.196 penumpang dan 12.180 unit sepeda motor.

Pendaftaran untuk program mudik gratis ini dapat dilakukan baik secara online maupun offline.

Masyarakat dapat mendaftar secara online melalui situs web resmi mudikgratis.dephub.go.id, yang kemudian akan diikuti dengan proses verifikasi di stasiun-stasiun yang telah ditunjuk. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: