Iklan dempo dalam berita

Mudik Lebaran Lebih Mudah dan Irit, Berikut Daftar Program Mudik Gratis, Silakan Pilih

Mudik Lebaran Lebih Mudah dan Irit, Berikut Daftar Program Mudik Gratis, Silakan Pilih

Syarat dan cara daftar mudik gratis 2024--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COMMudik lebaran lebih mudah dan irit, berikut daftar program mudik gratis, silakan pilih.

Sejumlah program mudik gratis yang diselenggarakan pemerintah pusat maupun daerah kembali dibuka pada Lebaran kali ini, memberikan akses bagi pemudik dengan tujuan beberapa kota seperti Yogyakarta, Malang, Semarang, Palembang, hingga Lampung, yang akan diangkut menggunakan berbagai moda transportasi.

Berikut daftar program mudik gratis dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) hingga Pemerintah Provinsi DKI:

1. Mudik Gratis Darat Kemenhub:

Kemenhub menyelenggarakan program mudik gratis jalur darat pada tahun ini dengan kuota 30.088 orang dan 900 unit sepeda motor. Terdapat 592 armada bus arus mudik dengan 33 kota tujuan dan 130 armada bus arus balik dengan 9 kota asal.

BACA JUGA:Cek Daftar Lengkap Moda Kemenhub Mudik Gratis 2024 Naik Kapal, Bus dan Kereta Api

Pendaftaran untuk program ini dibuka mulai Rabu (6/3) pukul 12.00 WIB siang hingga tanggal 3 April 2024 atau sampai kuota terpenuhi.

"Kuota dibuka secara bertahap. Setiap harinya pendaftaran dibuka pukul 08.00 WIB," tulis akun Instagram @ditjenhubdat yang diunggah pada Selasa (5/3).

Peserta mudik gratis Kemenhub diwajibkan memenuhi sejumlah syarat. Pertama, pendaftaran hanya dilakukan secara online melalui Mitra Darat. Kedua, peserta harus memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang sah saat mendaftar. Ketiga, peserta hanya dapat memilih satu kota tujuan mudik.

Keempat, peserta mudik gratis harus dalam keadaan sehat jasmani dan rohani pada saat keberangkatan arus mudik/balik serta wajib datang minimal 1 (satu) jam sebelum jam keberangkatan.

BACA JUGA:Kemenhub Tambah 10.000 Kursi Bus untuk Mudik Gratis 2024, Catat Jadwal dan Cara Daftarnya

Sementara itu, peserta yang melakukan mudik-balik dengan sepeda motor, diwajibkan membawa surat-surat kendaraan (STNK dan SIM) serta perlengkapan berkendara, dan menyerahkan sepeda motor sesuai dengan tanggal yang ditentukan/H-1 (satu hari sebelum tanggal seremonial/keberangkatan bus).

Berikut adalah daftar 33 kota tujuan untuk program mudik gratis Kemenhub:

Jawa Barat:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: